Sukses

Pengguna, Jangan Abaikan Peringatan Ini di iPhone dan Android Jika Tak Ingin Dimata-matai

Android dan iPhone memiliki tanda peringatan khusus yang menunjukkan potensi bahaya pembajakan pada suatu aplikasi yang menggunakan mikrofon dan kamera ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Tampaknya banyak orang yang baru menyadari bahwa berbagai jenis perangkat Android dan iPhone memiliki tanda atau ikon peringatan khusus yang tidak boleh diabaikan.

Seiring dengan kecanggihan teknologi, sebagian pemilik smartphone telah mulai mewaspadai adanya aplikasi berbahaya yang dapat memata-matai pengguna melalui mikrofon dan kamera ponsel. 

Berbagai perangkat memang rentan menjadi sasaran aplikasi berbahaya yang dijalankan oleh penjahat siber untuk membajak dan merekam tanpa diketahui penggunanya.

Oleh karenanya, edukasi untuk tidak sembarang memberikan izin akses aplikasi untuk tidak mengakses mikrofon dan kamera pada perangkat iPhone atau Android gencar dilakukan oleh mereka yang peduli pada privasi dan keamanan data. 

Meskipun pemanfaatan teknologi dapat membantu orang-orang dalam mendapatkan informasi, hiburan, dan kebutuhan lainnya, kewaspadaan terhadap potensi bahaya yang dapat terjadi juga harus ditingkatkan. 

Itu sebabnya, Google telah membuat indikator khusus di ponsel Android untuk memberi tahu apakah suatu aplikasi sedang mengakses mikrofon dan kamera. 

"Dengan Privacy Dashboard baru, pengguna dapat memiliki tampilan timeline yang sederhana dan jelas akses 24 jam terakhir untuk lokasi, mikrofon, dan kamera," kata Google, seperti dikutip dari The Sun, Selasa (21/2/2023).

Untuk mengetahui tanda peringatan khusus di Android dan iPhone yang tidak boleh dilewatkan pengguna, simak informasi di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Peringatan Akses Aplikasi di HP Android

Tanda peringatan khusus di Android telah ditambahkan kembali di Android 12 untuk memperbaiki pengalaman pengguna dalam perlindungan privasi. Tanda peringatan akan muncul di pojok kanan atas layar pada panel notifikasi dan biasanya berwarna hijau. 

Ikon mikrofon kecil atau icon kamera kecil pada Android menunjukkan bahwa aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon, atau mungkin keduanya.

Pada situs resmi Samsung misalnya, dinyatakan bahwa ikon peringatan di perangkat Samsung dapat diklik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai aplikasi mana saja yang sedang mengakses mikrofon dan kamera.

Tanda ini memungkinkan pengguna Android untuk dengan cepat menghindari aplikasi yang berpotensi menggunakan data pribadi sehingga pemilik ponsel dapat mencabut akses kapan saja. 

Umumnya, tanda ini muncul ketika pemilik ponsel sedang menggunakan aplikasi yang memang diberikan izin untuk mengakses mikrofon dan kamera. Namun, apabila tanda tersebut muncul ketika aplikasi tersebut tidak digunakan, bisa jadi aplikasi sedang melakukan tindakan yang berbahaya.

Ketika hal ini terjadi, sangat penting bagi pengguna untuk menolak atau membatalkan izin aplikasi dan memeriksa hal-hal apa yang mungkin terjadi.

3 dari 4 halaman

Tanda Peringatan Akses Aplikasi di iPhone

Bagi pengguna iPhone atau perangkat Apple lainnya, fitur ini mungkin sudah tidak asing. Itu karena Apple juga menyediakan fitur yang serupa, bahkan lebih dahulu menerapkannya.

Indikator ini ditambahkan pada update iOS 14 yang dirilis ke publik pada September 2020 lalu. Hampir sama dengan di Android, tanda peringatan ini juga muncul di kanan atas ponsel sebagai titik kecil.

Tanda berwarna hijau menyatakan aplikasi sedang menggunakan kamera iPhone, sedangkan tanda berwarna oranye berarti aplikasi sedang mengakses mikrofon. Apple menyatakan, pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses tersebut melalui Control Center.

Sebelumnya, MacBook telah lebih dahulu memiliki fitur ini di sebelah webcam ketika menyalakan kamera. Perubahan ini dilakukan Apple untuk memberi pengguna lebih banyak kepercayaan tentang privasi mereka.

4 dari 4 halaman

Tips Menghindari Pengintaian Aplikasi Berbahaya

Untuk menyeimbangkan kewaspadaan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi modern, pertimbangan yang cermat mengenai aplikasi dan layanan yang sedang digunakan wajib dilakukan. 

Tidak hanya itu, penting pula untuk selalu memperhatikan dan membaca secara seksama setiap izin yang diminta pada semua aplikasi, seperti relevansi fungsi aplikasi dengan permintaan akses mikrofon dan kamera. 

Cara Melindungi Privasi Pada Perangkat:

  • Menggunakan Penutup Kamera atau Webcam

Penutup kamera sederhana dapat digunakan untuk memberikan perlindungan ekstra dan perasaan tenang ketika alat sedang tidak digunakan.

  • Mencermati Permintaan Izin Akses Aplikasi

Dengan memperhatikan izin akses yang diminta suatu aplikasi pada ponsel, pengguna dapat menghindari pelanggaran privasi yang mungkin terjadi. Pengguna ponsel juga diharapkan memahami fungsi aplikasi dengan baik agar tidak sembarang mengizinkan akses yang diminta. 

  • Segera Hentikan Izin Aplikasi yang Mencurigakan

Ketika terjadi hal yang mencurigakan pada aplikasi seperti tanda peringatan yang muncul saat aplikasi tidak digunakan, pengguna dapat segera menghentikan izin akses atau menghapus aplikasi tersebut dari ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.