Sukses

Indonesia Optimistis Raih Gelar Juara IESF WEC 14th Bali 2022

Dengan raihan positif yang diterima, timnas Indonesia optimistis bisa raih gelar juara IESF World Esports Championship 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terus menjaga tren positif kemenangan untuk menyabet gelar juara umum menjelang penutupan kejuaraan dunia IESF World Esports Championship 2022 14th di Bali. Perlu diketahui, timnas Indonesia menunjukkan performa luar biasa di Indonesia Esports Summit 2022.

Timnas berhasil meraih kemenangan di IESF 14th World Esports Championship Bali 2022 untuk cabang game Dota 2, eFootball 2023, Tekken 7, dan CS:GO (Counter Strike: Global Offensive) Female.

Sebagai informasi, timnas Dota 2 berhasil menang melawan timnas Kazakhstan. Pertandingan antara kedua tim tersebut berhasil memukau para penonton di Merusaka Nusa Dua Bali.

Perjuangan timnas Indonesia untuk nomor Dota 2 memang layak mendapat apresiasi. Sebab, kemenangan ini memastikan timnas nomor Dota 2 melaju ke babak berikutnya.

Sementara tim CS:GO Female harus puas dengan peringkat ke-3 setelah dikalahkan tim Argentina. Meski harus mengubur mimpi untuk tampil di Grand Final dalam perebutan gelar juara dunia 2022, timnas CS:GO Female layak diacungi jempol.

"Selamat atas prestasi dan perjuangan terbaik ditunjukkan oleh timnas CS:GO. Ini adalah prestasi membanggakan untuk seluruh bangsa Indonesia," tutur Kepala Pelatih Tim Nasional Indonesia yang merupakan Wakil Kepala Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI Yohannes P. Siagian dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (9/12/2022).

Dengan raihan prestasi tersebut, menurut Yohannes, menandakan potensi atlet esports Indonesia di nomor CS:GO Women masih sangat besar. "Semoga dengan prestasi ini, kompetisi CS:GO di Indonesia dapat aktif dan marak kembali," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raihan Positif Lain

Lalu tren positif juga dilanjutkan oleh tim eFootball Indonesia yang melaju ke babak upper bracket setelah mengalahkan Arab Saudi 2-0. Tim eFootball pun menargetkan juara pada kompetisi IESF Bali 2022.

Wakil eFootball Indonesia Elga Cahya Putra pun menyatakan siapa melawan siap saja. Tidak hanya itu, timnas Tekken 7 berhasil menang telak melawan timnas India dengan skor 3-0 sehingga membuka peluang besar timnas Indonesia Tekken 7 di lower bracket.

Pemain timnas Tekken 7 Muhammad 'Meat' Adriyansyah pun mengatakan optimistis dalam menghadapi laga berikutnya. "Kami harus siap melawan siapa pun, termasuk atlet Tekken 7 unggulan dari negara kuat seperti Thailand dan Pakistan.

PB ESI juga akan terus memberikan dukungan kepada para atlet yang sedang berlaga untuk bisa meraih kemenangan pada kejuaraan dunia IESF WEC 14th di Bali 2022.

Menjelang penutupan IESF WEC 14th 2022 di Bali, berbagai kemenangan yang ditorehkan oleh tim Indonesia masih memiliki peluang lebar untuk menyabet juara umum pada gelaran IESF WEC 14th 2022 di Bali.

3 dari 4 halaman

IESF World Esports Championships 2022 Resmi Dibuka Menpora

Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 di Bali dibuka pada Jumat (2/12/2022). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka kompetisi ini.

Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship sendiri digelar oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), dan akan diadakan pada 2 sampai 11 Desember 2022.

Untuk enam kategori game yang dipertandingkan di ajang ini adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), PUBG Mobile, eFootball 2022, Counter Strike: Global Offensive (CS: GO), Dota 2, dan Tekken 7.

Mengutip laman resmi Kemenpora, IESF World Esports Championships 2022 ini adalah ajang yang sangat luar biasa dan bergengsi. Adapun, peserta yang ikut di kejuaraan ini berasal dari setidaknya 105 negara.

Menpora mengatakan, ajang ini menjadi momen istimewa bagi esports Indonesia, untuk melakukan lompatan besar dalam visinya, sebagai kekuatan terdepan di Asia dan dunia.

"Semoga perhelatan ini, menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esports bagi bangsa dan negara, serta dunia tentunya," kata Amali.

Mengutip YouTube PB ESI, Sabtu (3/12/2022), Amali juga memberikan pesan kepada para atlet dari Indonesia.

"Bertandinglah dengan sportif, tunjukkan sportifitas, pererat persahabatan bersama negara-negara di dunia yang menjadi peserta Kejuaraan dunia ini. Dan jadilah Anda semua membanggakan Indonesia," kata Menpora.

4 dari 4 halaman

Industri Esports Tumbuh Pesat

Amali juga menyampaikan selamat datang ke Bali bagi para peserta dari negara yang bertanding, serta mengucapkan terima kasihnya atas berpartisipasi di IESF World Championships 2022.

Dalam upacara pembukaan tersebut, Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mengatakan, esports saat ini tumbuh pesat dan sedang berkembang menjadi sebuah industri dengan potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang besar.

"Cabang olahraga baru tidak saja mampu menjadi wadah aktualisasi dan pencapaian prestasi kelas dunia anak-anak muda dari seluruh bangsa, namun juga berpotensi sebagai penggerak pulihnya perekonomian pasca pandemi Covid-19," kata Bambang.

Bambang menambahkan, menurut data World Economic Forum, esports mampu membawa industri gim tumbuh kuat ke level berikutnya, sejak Covid-19 melanda dunia.

"Bahkan ekonomi dapat terus bergulir dengan salah satu penggeraknya adalah industri gim dan esports," imbuh Bambang.

Selain itu, Bambang mengatakan, berkembangnya esports juga membuka jenjang karir yang luas, serta menciptakan profesi-profesi baru yang menuntut berbagai kecerdasan, ketangkasan, kedisiplinan, intelektualitas, dan integritas.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.