Sukses

TikTok Hadirkan Photo Mode Mirip Fitur Instagram

Fitur baru TikTok ini diberi nama Photo Mode dan memungkinkan pengguna untuk membagikan beberapa foto dalam satu unggahan

Liputan6.com, Jakarta - Jika sebelumnya beberapa media sosial dilaporkan membuat fitur-fitur mirip TikTok, kali ini, giliran TikTok dikabarkan menghadirkan fitur di media sosial lain seperti Instagram.

Fitur baru TikTok ini diberi nama Photo Mode, yang memungkinkan pengguna membagikan beberapa foto dalam satu unggahan, bersama dengan keterangan sampai 2.200 karakter.

"Kami merilis Photo Mode, format carousel baru tersedia di perangkat seluler untuk konten foto, ideal untuk membagikan gambar berkualitas tinggi di TikTok," tulis TikTok di blog resminya.

Mengutip blog resminya, Jumat (7/10/2022), di fitur TikTok Photo Mode, pengguna dapat membagikan unggahan gambar diam dengan konsep carousel, yang secara otomatis ditampilkan satu demi satu.

"Anda dapat menambahkan musik untuk soundtrack gambar, yang dapat di-swipe oleh penonton dengan kecepatan yang mereka inginkan," kata perusahaan.

Mengutip Engadget, unggahan foto nantinya juga akan dapat menampilkan musik dan muncul di For You Page, di samping konten-konten video.

Dalam unggahan di blog-nya, TikTok berharap Photo Mode, dikombinasikan dengan jumlah karakter diperpanjang, membuat kreator "mengekspresikan diri mereka dan terhubung lebih dalam dengan orang lain."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiru Meniru Fitur

Tiru meniru di industri media sosial memang sedang sering terjadi beberapa waktu terakhir, khususnya dengan muncul dan pesatnya perkembangan TikTok yang bisa dibilang bukan pemain lama seperti Instagram atau Twitter.

Instagram punya Reels, yang jadi fitur mereka untuk mengejar TikTok. Namun, The Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan, waktu tonton harian di TikTok masih jauh melampaui Reels Instagram.

Sementara, dalam beberapa pekan terakhir, Instagram, TikTok, dan Snapchat, memperkenalkan fitur yang mirip media sosial Prancis BeReal, meski Instagram belum merilisnya secara resmi.

Twitter juga tampaknya tak mau kalah untuk ikut meniru TikTok. Mengutip The Verge, Jumat (30/9/2022), Twitter dikabarkan menjiplak fitur scroll video milik TikTok.

Dalam unggahan di blog-nya, Twitter menyebut, perusahaan memperbarui pemutar videonya menjadi lebih imersif.

 

3 dari 4 halaman

Tab Video Twitter Disebut Mau Tiru TikTok

Ketika pengguna mengetuk layar akan membuat tampilan video layar penuh (full screen). Kemudian saat pengguna menggulirkan layar ke atas, pengguna akan mulai menjelajahi konten video yang dianggap "lebih menarik."

Twitter juga menambahkan karousel ke tab Explore-nya, yang akan menunjukkan ke pengguna sejumlah video Twitter paling populer yang dibagikan di Twitter.

Meski Twitter tidak sepenuhnya menyalin tampilan TikTok seperti yang dilakukan Instagram, perubahan pada tampilan pemutar video jelas jadi perubahan besar. Pasalnya sampai saat ini, video masih diperlakukan sebagai bagian dari tweet.

Pemutar video Twitter menjadi pengalaman tersendiri, sehingga tidak mengejutkan jika pengguna segera mendapatkan tab video khusus.

Nantinya, pengguna akan otomatis diberikan video awal yang jika digulirkan terus akan muncul video-video lain yang direkomendasikan. Unggahan blog perusahaan menyebut, "Twitter ingin menjadi tempat terbaik untuk video."

 

4 dari 4 halaman

YouTube Shorts Hadirkan Fitur Voice Over ala TikTok

YouTube juga belum menyerah untuk bersaing dengan TikTok, di mana baru-baru ini mereka meluncurkan fitur voice over untuk konten Shorts, bagi pengguna perangkat iOS terlebih dulu.

Fitur untuk memungkinkan pengguna melakukan voice over di konten sendiri, sudah hadir dan bukanlah fitur yang baru untuk para pengguna platform TikTok.

"Kreator kami melihat kamu meminta dan kami menjawab - sekarang kamu bisa menggunakan fitur voice over kami untuk menarasikan Shorts kamu!" tulis YouTube dalam laman support Google.

Mengutip laman tersebut, Minggu (2/10/2022), dengan fitur ini, pengguna bisa menarasikan apa yang terjadi di kontennya, atau membuat instruksi, penjelasan, reaksi, komentar lucu, atau menambahkan suara baru buatan sendiri.

YouTube mengungkapkan, fitur voice over ini sudah mulai digulirkan ke para pengguna iOS sejak 27 September 2022 yang lalu. Belum diketahui kapan peluncurannya untuk para pengguna Android.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.