Sukses

Telkomsel Gelar T-Connext, Hubungkan Startup dan Pegiat Ekosistem Digital

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menggelar T-Connext, sebuah program perusahaan untuk menghubungkan startup dengan pegiat ekosistem digital. Kehadian T-Connext merupakan upaya mengoptimalkan peran perusahaan sebagai digital ecosystem enabler.

T-Connext menjadi wadah yang memberdayakan pertumbuhan dengan menghubungkan ekosistem digital produk Telkomsel dan portofolio inovasi serta investasinya dengan para pelaku ekosistem. Dengan begitu nantinya startup dan para pelaku di dalamnya akan mendapatkan nilai tambah dan output-nya akan menguntungkan ekosistem secara keseluruhan.

Vice President Business Development and Innovation Telkomsel Jockie Heruseon mengatakan, selama ini Telkomsel menumbuhkan ekosistem digital melalui berbagai portfolio inovasi dan investasinya melalui sejumlah inisiatif dan program.

Salah satunya, untuk mendukung akselerasi pertumbuhan dan inovasi, Telkomsel memiliki Tinc. Tinc adalah program akselerator bagi berbagai solusi digital.

Ada pula TMI, program corporate venture Telkomsel. Di mana melalui TMI, Telkomsel berinvestasi pada founder dengan visi yang luar biasa dan mengincar pasar besar.

Telkomsel juga memiliki Indico, anak perusahaan yang mengoptimalkan aset dan kapabilitas Telkomsel untuk menciptakan flywheel effect dari inovasi-inovasi yang akan mempercepat akselerasi digital Indonesia.

"Kini dengan ekosistem digitalnya yang makin luas di luar bisnis konektivitas telko konvensional, Telkomsel hadir untuk menghubungkan seluruh pelaku di dalamnya untuk menciptakan kolaborasi strategis, melalui T-Connext," kata Jockie.

Ia menyebut, T-Connext menyediakan serangkaian aktivitas yang mengikutsertakan para pelaku ekosistem digital dalam pembangunan jejaring dan komunitas, peningkatan kapasitas, dan memfasilitasi penciptaan nilai tambah dalam ekosistem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ajang Pasca-pandemi Pertama Telkomsel

Jockie menyebut, T-Connext menjadi ajang pascapandemi pertama yang mempertemukan pada pelaku ekosistem digital Telkomsel. Perusahaan berharap, T-Connext menjadi wadah membangun koneksi dan menumbuhkan bisnis digital ke tingkatan selanjutnya.

Acara utama T-Connext telah digelar pada Rabu 21 September 2022 dengan empat aktivitas utama. Mulai dari exhibition & showcase dengan booth yang menampilkan berbagai solusi dari startup dan portofolio bisnis digital Telkomsel.

Lalu ada launching ceremony, mini talk show yang menghadirkan para praktisi di industri digital untuk memberi pandangan mengenai peluang pasar investasi Indonesia dan cara mengakses pendanaan.

Kemudian ada VIP networking session yakni sarana bagi startup, portofolio, dan investor untuk bertemu langsung untuk menggali lebih dalam berbagai potensi kolaborasi.

Adapun beberapa startup dan portofolio Telkomsel yang mengikuti program T-Connext meliputi Feedloop, Klik Daily, Bizhare, Kecilin, Shinta VR, sekolah.mu, Kuncie, Telkomsel DigiAds, LinkAja, dan tSurvey.id.

3 dari 3 halaman

Pre-event T-Connext

Investor dan venture capital kenamaan yang turut diundang meliputi Telkomsel Mitra Inovasi, Singtel Innov8, MDI Ventures, AC Ventures, Alpha JWC, East Ventures, Finch Capital, Indigo Capital, Indogen Capital, Insignia Ventures, Intudo Ventures, Kejora Capital, Vertex Ventures, dan Ventura Discovery.

Sebelumnya, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, T-Connext telah menggelar pre-event webinar yang menyediakan wadah pertemuan dan berbagai informasi bagi masyarakat mengenai ekosistem digital Telkomsel.

Adapun topik webinar yang diusung pertama bertajuk "Utilizing Telco Data to Connect with your Customer". Di mana dalam sesi ini, pembicara mengajak audiens memahami bagaimana menggunakan data sebagai insight berarti, sehingga bisa menghasilkan solusi sesuai pola dan perilaku pelanggan.

Pre-event webinar kedua bertajuk "Leveraging Flywheel Effect to Grow your Startup." Pada sesi kedua ini, pembicara membahas tentang bagaimana memanfaatkan flywheel effect dan kombinasi beberapa elemen bisnis yang jika diselaraskan bisa membangun dan memperkuat momentum kesuksesan perusahaan.

(Tin/Isk)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS