Sukses

Facebook dan Twitter Bakal Tak Bisa Dipakai untuk Masuk Akun Nintendo

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo mengumumkan bakal mengakhiri dukungan untuk fitur masuk ke Nintendo Account menggunakan akun Twitter atau Facebook, mulai 25 Oktober 2022.

Selain itu, pemain juga tidak akan bisa lagi membuat Nintendo Account menggunakan akun media sosial tersebut.

Usai tanggal tersebut, pemain yang ingin masuk ke Nintendo Account pun harus menggunakan username dan kata sandi atau password akun Nintendo, atau bisa menggunakan akun Google maupun Apple.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan bagi mereka yang telah menggunakan akun Facebook atau Twitter untuk masuk ke Akun Nintendo mereka," tulis Nintendo di laman resminya, dikutip Jumat (23/9/2022).

Nintendo meskipun begitu, tidak mengungkapkan alasan pemutusan tautan antara platformnya dengan Facebook dan Twitter.

Perusahaan mengungkapkan nantinya, saat menggunakan perangkat di mana pemain sudah masuk ke akun Nintendo, mereka mungkin dapat menggunakan akunnya tanpa harus sign-in lagi.

Namun, jika layar sign-in muncul, pemain dapat masuk dengan alamat email yang terkait dengan Nintendo Account atau Sign-In ID dan kata sandi, lalu masukkan kata sandi akun Nintendo, bukan password Facebook atau Twitter.

Berikutnya, masuklah menggunakan akun Google atau Apple. Tapi jika pemain lupa password, pilih "Forgot your password?" di laman sign-in akun Nintendo, kemudian ikuti petunjuknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hilangkan Berbagi Gambar di Wii U dan Nintendo 3DS

Dikutip dari The Verge, selain memberikan kemudahan untuk akses masuk, menautkan akun Nintendo ke Twitter dan Facebook juga memudahkan untuk menambahkan teman.

Meski begitu, sejak Nintendo memperbarui aplikasi mobile Switch Online untuk mempermudah penambahan teman, pengguna tidak terlalu membutuhkan Twitter atau Facebook untuk mempercepat prosesnya.

Selain itu, Nintendo juga mengumumkan akan menghilangkan fitur berbagi gambar di Wii U dan Nintendo 3DS pada tanggal 25 Oktober.

Ini berarti, pemain tidak bisa lagi mengunggah gambar ke Twitter atau Facebook, melalui salah satu perangkat. Namun, gambar atau komentar yang sudah diunggah setelah penghentian, akan tetap tersedia di dua media sosial tersebut.

Langkah ini tidak mengejutkan mengingat Nintendo pelan-pelan menghentikan fitur untuk 3DS dan Wii U, dengan kedua eShop di masing-masing dari perangkat itu, akan ditutup pada 27 Maret 2023.

3 dari 4 halaman

Nintendo Akuisisi Studio Animasi

Sebelumnya, Nintendo mengumumkan telah melakukan akusisi pada studio animasi yang berbasis di Tokyo bernama Dynamo Pictures. Studio ini dikenal fokus pada pembuatan animasi CG dan motion capture.

Mengutip informasi dari Polygon, Senin (18/7/2022), setelah proses akusisi mencapai kesepakatan, Nintendo akan mengubah nama Dynamo Pictures menjadi Nintendo Pictures. Rencananya, proses akuisisi akan selesai pada Oktober tahun ini.

Dynamo Pictures sendiri telah mengerjakan sejumlah serial TV, seperti Yuri! on Ice, serta membantu pengembangan game Nier Replicant ver. 1.22474487139 dan Death Stranding. Bersama Nintendo, studio ini juga sempat menggarap Pikmin Short Movies.

Menurut pengajuan yang dilakukan Nintendo, akusisi studio ini dilakukan untuk memperkuat perencanaan dan produksi konten visual di grup Nintendo, sekaligus mengembangkan konten visual dengan properti intelektual milik Nintendo.

 

4 dari 4 halaman

Kemungkinan Merambah Bisnis Konten Lain

Kendati demikian, belum dapat dipastikan seperti apa strategi perusahaan asal Jepang ini ke depannya. Namun, ada kemungkinan Nintendo berencana merambah bisnis konten lain, seperti film atau serial TV, dengan properti yang dimilikinya.

Untuk diketahui, Nintendo sendiri memang sudah mengumumkan tengah mengembangkan adaptasi film animasi Super Mario. Dalam penggarapannya, perusahaan menggandeng studio Ilumination yang dikenal memproduksi Minion.

Pengumuman film animasi Super Mario ini dilakukan langsung oleh Shigeru Miyamoto tahun lalu. Ia menuturkan, film ini akan rilis di Amerika Utara pada 21 Desember 2022, tapi informasi mengenai wilayah lain akan diungkapkan nanti.

(Dio/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS