Sukses

Asus ROG Phone 6 Series Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Asus resmi meluncurkan ponsel ROG Phone 6 Series ke Indonesia. Dua smartphone gaming teranyar yang masuk ke Tanah Air ini terdiri dari  ROG 6 Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro.

Dirancang sebagai sebuah ponsel gaming, kedua perangkat ini mendapatkan dukungan dari prosesor Snapdragon 8+ Gen 1.

Untuk desain, bagian belakang dari ROG Phone 6 Series mendapatkan proteksi dari Gorilla Glass 3, sementara bagian layar HP Android ini terlindungi Corning Gorilla Glass Victus terbaru.

Asus ROG Phone 6 tersedia dalam varian warna Storm White dan Phantom Black. Sementara, ROG Phone 6 Pro hadir dalam satu warna yaitu Storm White dengan panel belakang kaca frosted dan mengusung layar AMOLED ROG Vision.

Layar AMOLED ROG Vision dapat menampilkan grafik yang dapat disesuaikan untuk skenario seperti panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan lain-lain.

Mendapatkan dukungan dari Snapdragon 8+ Gen 1, ROG Phone 6 Series menghadirkan kecepatan clock CPU ultra-cepat hingga 3,2 GHz jika dibandingkan pendahulunya.

Kinerja CPU dan GPU 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. Untuk meminimalisir bottleneck, Asus ROG Phone 6 diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Uji Gaming

Asus mengklaim, dalam uji game Genshin Impact tanpa cooler selama 60 menit, kecepatannya mencapai 59,39 fps, temperatur 480 derajat Celsius dan efisiensi power 5,88 W. 

Bila dimainkan dengan AeroActive Cooler 6 selama 60 menit tanpa power eksternal, ROG Phone 6 series mencapai kecepatan 59,73 fps, temperatur 43,30C dan efisiensi power 10,2 W.

Sementara dengan power eksternal, ia mampu mencapai 59,77 fps, dan temperatur 39,90 Celsius.

Ponsel ini mampu memainkan game-game yang demanding dengan performa yang konsisten, berkat teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System.

Generasi kelima dari sistem GameCool ini adalah pembaruan terbesar untuk pendinginan sejak diperkenalkannya seri ROG Phone. Struktur internal pada sistem pendinginan ini lebih ditingkatkan untuk pembuangan panas yang lebih efisien daripada sebelumnya.

ROG Phone 6 series hadir dengan layar seluas 6,78 inci AMOLED yang mampu mencapai tingkat brightness 800 nits, dengan refresh rate tertinggi 165Hz.

Perangkat ini sendiri menyediakan pilihan refresh rate 165Hz, 144Hz, 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan mode auto, untuk menyeimbangkan antara kecepatan dan daya baterai.

Touch sampling rate dari ponsel seri ini adalah 720Hz dengan touch latency 23ms. Layarnya juga sudah tersertifikasi HDR 10+. Fitur lain yang disematkan di perangkat ini adalah dashboard Game Genie yang ditingkatkan.

3 dari 4 halaman

Game Genie yang Ditingkatkan

Ada banyak fungsi yang dihadirkan pada Game Genie terbaru, seperti jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, dan mencegah perubahan brightness mendadak.

Fungsi Game Genie lainnya seperti mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan lain-lain.

Fitur lain dari Game Genie di perangkat ini termasuk Key Mapping. Fitur ini tersedia di panel Game Genie saat pengguna menghubungkan ROG Kunai Gamepad 3, Asus Professional Dock, atau controller lain yang kompatibel (PS4, Xbos One, Xbox Series X, atau Stadia).

Key Mapping akan memetakan dan mensimulasikan ketukan di layar dan gestur gerakan ke tombol fisik pada gamepad atau mouse dan keyboard. Fitur ini bekerja dengan game apapun.

Saat mengaktifkan X Mode, semua ikon akan memiliki cincin merah dan wallpaper ROG akan mulai aktif dan bersinar.

Untuk daya, ROG Phone 6 Series menawarkan baterai 6000 mAh dalam format dual cell dan adaptor HyperCharge 65 W untuk pengisian daya super-cepat.

Pengalaman suara di ROG Phone 6 ditingkatkan melalui pengaturan speaker dan penyetelan oleh Dirac. Sistem terbaru ini bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12x16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45.

4 dari 4 halaman

Harga ROG Phone 6 Series di Indonesia

Dari sisi kamera, ponsel gaming satu ini membawa kamera Sony IMX766 50 MP Main Wide-Angle, ultrawide 13 MP, dan 5MP makro. Ada juga kamera depan 12MP, serta fitur HDR10+ video mode.

ROG Phone 6 dijual dengan harga Rp 10.999.000 untuk varian 8GB/256GB (tersedia mulai pertengahan Oktober) dan Rp 13.999.000 untuk varian 12GB/256GB (tersedia mulai akhir Oktober).

Sementara, ROG Phone 6 Pro 18GB/512GB dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 18.999.000 (tersedia mulai akhir Oktober).

Konsumen sudah dapat memesannya lewat pre-order pada 21 September sampai 31 Oktober 2022, dan berkesempatan mendapatkan item bundling spesial atau Aero Active Cooler 6 secara gratis dengan jumlah terbatas, ditambah 6 bulan garansi ekstra.

Pre-order tersedia secara eksklusif di Erafone, Eraspace, Urban Republic, ROG Store, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealers, dan mitra e-commerce JD.ID.

Selain itu, Asus juga merilis beberapa aksesoris pelengkap ROG Phone 6 Series seperti AeroActive Cooler 6 dengan harga Rp 999.000, Glass Screen Protector dengan harga Rp 399.000, serta Kunai Gamepad 3 di harga Rp 1.499.000.

(Dio/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS