Sukses

iPhone 5 dan iPhone 5c Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai Oktober 2022

WhatsApp bakal menghentikan dukungannya untuk perangkat dengan iOS 10 dan 11 pada pertengahan Oktober, di mana dua ponsel yang menggunakannya adalah iPhone 5 dan iPhone 5c

Liputan6.com, Jakarta Pengguna iPhone 5 dan iPhone 5c dikabarkan tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp secara optimal mulai pertengahan Oktober 2022 mendatang.

Hal ini dilaporkan setelah adanya kabar dari WABetaInfo yang menyebut, WhatsApp berencana menghentikan dukungan layanannya untuk perangkat iPhone dengan iOS 10 dan 11.

Kabar penghentian dukungan WhatsApp di dua generasi iOS ini sebenarnya sudah beredar sejak bulan Mei yang lalu.

Pengguna iPhone dengan iOS 10 dan 11 pun diminta untuk melakukan pembaruan perangkat lunak jika ingin tetap bisa mengakses aplikasi WhatsApp setelah tanggal 24 Oktober 2022

"WhatsApp akan berhenti mendukung versi iOS ini setelah 24 Okt 2022. Buka Settings > General, lalu ketuk Pembaruan Perangkat Lunak untuk mendapatkan versi iOS terbaru," ujar info tersebut, mengutip 9to5mac, Selasa (6/9/2022).

Bagi pengguna iPhone 5s, iPhone 6, atau iPhone 6s yang masih bisa menjalankan iOS 12, tidak perlu khawatir karena pengguna masih akan memberikan dukungan untuk perangkat-perangkat ini.

Namun, bagi pengguna iPhone 5 dan iPhone 5c, tampaknya harus berganti perangkat karena keduanya masih menggunakan iOS lawas tersebut.

Dalam Pusat Bantuannya, WhatsApp mengatakan pengguna iPhone harus menjalankan iOS 12 atau yang lebih baru untuk tetap bisa menggunakan aplikasinya. Sementara bagi pengguna Android, membutuhkan OS 4.1 atau yang lebih baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp iOS Bakal Hadirkan Fitur Stories di Daftar Chat

WhatsApp iOS sendiri diketahui berupaya menghadirkan berbagai fitur baru. Selama tahun ini, aplikasi milik Meta ini memperkenalkan Reactions, kemampuan migrasi riwayat chat dari iOS ke Android, dan fitur lainnya.

Kini, WhatsApp berupaya menghadirkan fitur baru WhatsApp yang dianggap kontroversi, yakni kemampuan menonton Status secara langsung dari daftar chat WhatsApp.

Bagi WhatsApp versi iPhone, Status sudah ada selama beberapa tahun terakhir. Fitur seperti Stories milik Instagram dan Facebook ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengunggah foto dan video pendek yang akan hilang dalam 24 jam.

Meski tidak sepopuler Instagram Stories, fungsi WhatsApp Status bisa berguna di negara-negara tempat orang menggunakan aplikasi untuk menjual layanan atau produk.

Menurut WABetaInfo, versi WhatsApp beta 22.18.0.70 menghadirkan kemampuan untuk melihat update status dalam daftar obrolan atau chat.

"Ketika kontak Anda mengunggah update Status baru, kini bisa langsung terlihat di dalam daftar obrolan," demikian dikutip dari 9to5Mac, Senin (22/8/2022).

 

3 dari 3 halaman

Pengguna Bisa Pilih

Meski begitu, kini hanya sebagian kecil penguji beta yang bisa menjajal fitur ini.

Dengan fitur Status di daftar chat, selain memudahkan pengguna juga bisa jadi cara WhatsApp untuk menyisipkan iklan ketika pengguna menonton foto atau video di Status, seperti di Instagram Stories.

WABetaInfo juga menyebut, para pengguna akan dapat memilih apakah mereka mau melihat Status secara langsug di daftar pesan atau tidak.

Sekadar informasi, beberapa tahun lalu, ketika Facebook gagal membeli Snapchat, perusahaan Mark Zuckerberg ini memutuskan untuk menambahkan fitur Stories di semua platform yang dimilikinya.

Tidak semua platform memang sukses dengan fitur ini, namun perusahaan berhasil mengambil alih popularitas Snapchat di seluruh dunia. Kini, Facebook berencana melakukan hal yang sama dengan TikTok, meski begitu perusahaan masih berupaya dengan rencananya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.