Sukses

Samsung Rilis One UI 5 Beta Berbasis Android 13 untuk Galaxy S22 Series

Liputan6.com, Jakarta - Samsung secara resmi mulai menggulirkan One UI 5 Beta berbasis Android 13 untuk para pengguna Galaxy S22 di Amerika Serikat, Jerman, dan Korea Selatan.

Pembaruan ini hadir hanya beberapa minggu sebelum peluncuran Android 13 sekaligus beberapa hari sebelum Galaxy Unpacked 2022.

Seperti sistem operasi yang mendukungnya, One UI 5 Beta hadir dalam update yang relatif kecil, dengan menambahkan beberapa opsi penyesuaian. Baik itu pada notifikasi, pengaturan aksesibilitas, dan keamanan baru.

Mengutip The Verge, Senin (8/8/2022), One UI 5 dibangun dari opsi tema Android 13 dan menawarkan hingga 16 tema warna berdasarkan wallpaper pengguna. Selain itu, One UI 5 juga menawarkan 12 opsi warna tambahan untuk home screen, ikon, dan quick panel smartphone.

One UI 5 Beta juga memperkenalkan kemampuan untuk menumpuk widget berukuran sama di atas satu sama lain sehingga memberi tampilan yang tidak terlalu berantakan.

Ada beberapa fitur aksesibilitas baru, termasuk tool Magnifier yang menggunakan kamera smartphone untuk memperbesar objek dan teks di kehidupan nyata hingga opsi untuk membuat ponsel membaca input keyboard dengan keras.

Samsung merinci beberapa fitur lain yang diadopsi One UI 5 dari Android 13. Mulai dari pengaturan notifikasi baru yang mengaruskan pengembang aplikasi meminta izin sebelum mengirim notifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengaturan Bahasa Berbeda Per Aplikasi

Selain itu, One UI 5 Beta juga memungkinkan pengguna mengatur pilihan bahasa berdasarkan aplikasi demi aplikasi. One UI 5 Beta juga memberikan pengguna akses ke dasbor keamanan yang didesain ulang, yang memindai ponsel saat terjadi masalah.

Sebelumnya ketika Samsung merilis One UI 4 Beta tahun lalu, OS tersebut menyoroti bagaimana software Samsung bisa mendapatkan update lebih awal tiap tahunnya. Kini, Samsung kian memperlebar jarak antara update sebelumnya.

Sebelumnya, tanggal perilisan One UI 4 Beta dilakukan bulan September 2022. Kini, update One UI 5 Beta dilakukan Agustus 2022, sebulan lebih cepat dibanding tahun lalu.

Pengguna bisa mengakses update One UI 5 dengan mendaftar via aplikasi Samsung Members.

Sejauh ini, One UI 5 Beta baru tersedia di perangkat Galaxy S22 series di AS, Jerman, dan Korea Selatan. Samsung berencana untuk meluncurkannya ke lebih banyak perangkat dan wilayah dalam waktu dekat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Uji Coba One UI 5.0

Sebulan lalu, Samsung menguji coba One UI Beta 5.0 untuk pihak internal perusahaan. Informasi ini diketahui dari laporan terbaru SamMobile.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (/7/2022), Samsung One UI 5.0 ini akan berbasis Android 13. Namun, informasi mengenai kapan One UI ini akan rilis untuk publik belum diketahui.

Kendati demikian, berdasarkan laporan SamMobile sebelumnya, One UI 5.0 Beta akan meluncur pada minggu ketiga Juli tahun ini. Jika informasi itu benar, kemungkinan One UI akan meluncur untuk pengguna HP Samsung menjelang 2022.

Meski informasi kehadiran One UI 5.0 belum dapat dipastikan, Samsung sendiri disebut sudah mempersiapkan pengembangan untuk bisa meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam hal kecepatan navigasi.

 

4 dari 4 halaman

Kurangi Lag

Mengutip laporan bulan lalu, Samsung telah menjadikan tampilan antarmuka yang lebih cepat menjadi salah satu fokus pengembangan One UI 5.0 ini. Tim internal Samsung pun tengah berusahaan meningkatan kecepatan navigasi ini secara signifikan.

Tidak hanya itu, mereka juga akan menghadirkan animasi yang lebih mulus dan cepat. Apabila diperhatikan, perubahan yang ditawarkan memang tidak terlalu besar, tapi disebut akan sangat berdampak pada pengalaman pengguna.

Salah satunya adalah keluhan soal lag dapat dikurangi. Terlebih, dukungan refresh rate yang lebih tinggi di sejumlah perangkat Samsung tentu akan membuat pengalaman pengguna lebih mumpuni.

Ada kemungkinan Samsung akan mengungkap One UI terbaru ini saat SDC (Samsung Developers Conference) yang digelar jelang akhir tahun ini. Dari situ, kemungkinan besar informasi mengenai versi beta One UI akan diumumkan pula.

(Tin/Ysl)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS