Sukses

5 Tips WhatsApp, Cari Chat hingga Hapus Kiriman Foto untuk Hemat Memori

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kini dipakai oleh lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Aplikasi chatting milik Meta ini sudah jadi aplikasi chatting paling populer yang hampir selalu ada di setiap smartphone.

Meski kenyataannya mengirim pesan di WhatsApp sangat mudah, mungkin ada hal yang belum kamu tahu bisa dilakukan di WhatsApp.

Apa saja? Berikut adalah tips WhatsApp yang perlu kamu tahu, dikutip dari Pocket-lint.com.

1. Share Loc alias Berbagi Lokasi

Tips yang satu ini mungkin sudah diketahui oleh banyak pengguna, tapi mungkin juga masih ada yang bingung cara share loc di WhatsApp. Gimana caranya?

iOS: Masuk ke WhatsApp > pilih kontak orang yang mau kamu kirimkan lokasi > Ketuk tanda + pada bagian kiri kolom ketik pesan > Lokasi > Bagikan Lokasi (Share location) > Pilih lama pengiriman lokasi (15 menit, 1 jam, atau 8 jam).

Android: Masuk ke WhatsApp > pilih kontak yang mau kamu kirimi lokasi > ketuk logo peniti yang ada di kanan kolom ketik pesan > Lokasi > Bagikan lokasi (Share location) > pilih lama pengiriman lokasi.

Pengguna bisa mengecek siapa saja yang sudah dikirimi live location dengan cara membuka Setting > Account > Privacy > Live Location.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Cari Topik Tertentu di Chat

Seseorang mungkin mengirimi alamat mereka atau informasi penting lainnya via WhatsApp. Sayangnya, karena terlalu banyak chat dengan orang tersebut, kamu lupa di mana dan kapan pesan dikirimkan.

Nah, kamu bisa mencari pesan yang ingin ditemukan. Untuk pengguna WhatsApp iOS: pengguna bisa mencari melalui kolom pencarian. Caranya, buka kontak yang ingin dicari pesannya kemudian klik pada profil orang tersebut dan pilih Search.

Lalu, ketikkan informasi yang ingin dicari, misalnya "alamat" jika kamu mencari chat dengan kata kunci alamat.

Untuk pengguna WhatsApp di Android, pengguna bisa melakukan hal yang sama. Buka WhatsApp, cari chat dari kontak yang ingin Anda cari pesannya, ketuk ke Profile, pilih Search.

Ketikkan informasi yang ingin dicari pada kolom pencarian (akan muncul di bagian atas chat).

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

3. Cari Tahu, dengan Siapa Kamu Paling Sering Chatting?

Siapa orang yang paling sering kamu chat di WhatsApp? Mungkin dia kekasih kamu, orang tua, saudara, atau justru rekan kerja?

Ada satu cara untuk mengetahui dengan siapa kamu paling sering chat di WhatsApp dan berapa banyak memori yang dipakai untuk tiap chat.

Pada WhatsApp di iOS dan Android, pengguna bisa memilih opsi Setting > Storage and Data > Manage Storage > Kamu akan melihat deretan kontak di bagian bawah, sesuai urutan yang menggunakan ruang penyimpanan paling banyak.

 

4 dari 5 halaman

4. Hapus Semua Foto, Video, Pesan dari Satu Chat Tertentu

WhatsApp mengizinkan pengguna untuk menghapus semua pesan, foto, video, GIF, kontak, lokasi, pesan suara, dokumen, dan stiker dari satu chat tertentu.

Misalnya, pengguna bisa menghapus seluruh pesan dari salah satu chat atau grup chat tertentu. Namun foto tetap disimpan.

Pada iOS dan Android: Ketuk Setting > Storage & Data > Manage Storage > Select > tandai di boks di samping item yang ingin dihapus (video atau foto) > Ketuk pada tempat sampah untuk menghapus.

Dimungkinkan untuk mengurutkan berdasarkan file, mana file yang mengambil ruang paling banyak, terbanyak, dan terlama jika pengguna mengetuk lingkaran yang ada di sudut kiri bawah, setelah mengetuk kontak.

 

5 dari 5 halaman

5. Tinjau dan Hapus Item untuk Bersihkan Memori

WhatsApp mempermudah pengguna dalam mengelola apa-apa saja yang menghabiskan ruang penyimpanan atau memori perangkat.

Pengguna tidak hanya bisa melihat obrolan mana yang paling banyak mengkonsumsi memori seperti di atas, tetapi juga bisa melihat file mana yang memiliki ukuran lebih dari 5 MB dan file mana yang telah diteruskan beberapa kali.

Pada WhatsApp iOS dan Android: Buka Setting > Storage and Data (Penyimpanan dan Data) > Manage Storage (Kelola Penyimpanan).

Di bagian bawah Review and Delete Items (Tinjau dan Hapus Item), pengguna bisa mengklik tab yang lebih besar dari 5MB atau tab beberapa kali pesan diteruskan. Dari situ pengguna bisa memilih mana yang ingin dihapus.

Seperti halnya obrolan individu, pengguna bisa mengurutkan dengan mengetuk lingkaran di sudut kiri bawah.

(Tin/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS