Sukses

Laga SEA Games 2021, Timnas U-23 Indonesia Siap Tempur Lawan Filipina

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia melakoni pertandingan melawan Filipina dalam laga lanjutan babak penyisihan grup A SEA Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam. Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia U-23 wajib menang untuk mempertahankan kans melaju ke semifinal.

Saat ini, Timnas U-23 menempati urutan keempat dengan tiga poin setelah menang 4-1 atas Timor Leste di laga kedua. Sementara di pertandingan pertama, Indonesia harus menelan kekalahan dari tuan rumah, Vietnam.

Di sisi lain, Filipina saat ini menempati urutan kedua dengan empat poin. Dan saat ini, Indonesia tertinggal tiga poin dari Myanmar di peringkat pertama.

Oleh sebab itu, kemenangan menjadi target Indonesia saat ini. Pelatih Shin Tae-yong juga menuturkan Timnas U-23 Indonesia sudah siap tempur melawan Filipina di Stadion Viet Tri.

"Kami dalam dalam kondisi bagus, semakin meningkat dan sudah siap melawan Filipina. Saya yakin para pemain dapat menampilkan penampilan terbaik mereka di pertandingan tersebut," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs PSSI, Jumat (13/5/2022).

Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan para pemain tetap harus mewaspadai postur tinggi tim lawan. Namun, ia menyebut sudah memiliki formula untuk mengatasi Filipina.

Ia menuturkan, pemain harus lebih kuat bermain bodi dan intensitas bermain bodi harus lebih dari yang biasa. Di samping itu, Indonesia juga harus bisa memanfaatkan situasi tim Filipina yang telah memainkan tiga laga.

Gelandang sayap Tim U-23 Indonesia, Egy Maulana juga mengatakan saat ini kondisi tim dalam kondisi bagus. Ia menuturkan, tim saat ini fokus untuk bisa bermain sebaik mungkin.

"Kami fokus ke tim sendiri bagaimana agar kita dapat bermain sebaik mungkin dan mengalahkan Filipina. Kami harus bermain lebih fokus, jangan mengulangi kesalahan dan konsentrasi," tutur Egy.

Pertandingan Indonesia vs Filipina sendiri saat digelar pada pukul 16.00 WIB. Adapun pertandingan ini dapat disaksikan melalui siaran salah satu TV swasta, termasuk layanana live streaming milik mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hasil Sepak Bola SEA Games 2021: Indonesia Menang Telak Lawan Timor Leste

Sebelumnya, Indonesia menjaga asa untuk lolos semifinal cabor sepak bola SEA Games 2021 usai hajar Timor Leste 4-1 pada duel grup A, Selasa (10/5/2022). Empat gol Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri, Witan Sulaemen (2) dan Fachrudin.

Ini membuat asa Timnas Indonesia U-23 tetap teraga meski masih tertahan di posisi 4 dengan 3 poin hasil kemenangan lawan Timor Leste. Myanmar menguasai klasemen grup A usai memenangkan dua laga yang sudah dilakoni.

Indonesia langsung tertekan di menit ke-1 saat Marc Klok melakukan kesalahan kontrol bola. Untung saja, kiper Indonesia mampu menepis eksekusi penalti Timor Leste sehingga skor tetap 0-0.

Setelah penalti, Indonesia belum bisa mendapatkan peluang emas lawan Timor Leste. Egy Maulana hanya menghasilkan tendangan sudut saat tembakannya ditepis di menit ke-15.

Egy Maulana akhirnya mencetak gol untuk Indonesia di menit ke-16. Dia manfaatkan umpan lewat sundulan Jauhari sehingga skor berubah 1-0 untuk Indonesia.

Egy nyaris menambah gol Indonesia di menit ke-22. Namun tembakannya masih bisa ditepis kiper Timor Leste.

Lagi Egy membuang peluang tambah gol di menit ke-30. Dia gagal menyodorkan bola dengan baik ke gawang usai manfaatkan umpan Rio Fahmi.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Indonesia atas Timor Leste di SEA Games 2021 masih terus bertahan

3 dari 5 halaman

Babak 2

Indonesia masukkan Sadil Ramdani dan Asnawi untuk gantikan Rio dan Egy. Alhasil, Indonesia langsung mencetak gol tambahan lewat Witan Sulaeman di menit ke-52 sehingga membuat skor jadi 2-0.

Indonesia lagi menambah gol lewat Facrudin di menit ke-58. Dia manfaatkan umpan Asnawi sehingga membuat skor jadi 3-0.

Saat Indonesia yakin bisa menambah gol lagi. Indonesia malah kebobolan di menit ke-68 sehingga membuat skor menjadi 3-1. Untung saja, Witan kembali mencetak gol kemenangan di menit ke-76 usai manfaatkan umpan Saddil Ramdani, skor berubah menjadi 4-1.

Setelah gol keempat, Indonesia seperti kesulitan menambah gol lagi. Beberapa peluang gagal dimanfaatkan dengan maksimal.

Skor 4-1 untuk Indonesia tetap bertahan hingga pertandingan lawan Timor Leste berakhir. Indonesia harus menang di laga selanjutnya melawan Myanmar dan Filipina.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Indonesia: Ernande; Ilham Rio, Fachrudin, Ridho, Dewangga; Syahrian, Mark Klok, Kambuaya; Witan, Egy, Jauhari

Timor Leste: Junildo; Nelson, Orcelio, Jhon Frith, Cristevao,Armindo; Elias, Gumario, Joao Bosco, Flomeno; Mauzinho

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia