Sukses

Steve Jobs Ingin Seri Pertama iPhone Tampil Tanpa Slot SIM Card

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini tersiar kabar Apple berencana untuk meluncurkan model iPhone tanpa slot kartu SIM.

Walau masih sebatas kabar beredar di internet, Steve Jobs, selaku pendiri Apple sudah kepikiran untuk merilis iPhone pertama tanpa slot kartu SIM.

Hal ini diungkap oleh mantan VP iPod, Tony Fadell, saat diwawancara oleh jurnalis Joanna Stern dalam acara khusus Computer History Museum.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (13/5/2022), dalam pengembangan awal iPhone, Steve Jobs menentang ide untuk menyertakan slot kartu SIM di ponsel terkait desain.

"Steve Jobs berkata kepada para insinyur dan desainer yang mengerjakan iPhone, kita tidak ingin ada lubang lain di iPhone," ucap Tony.

Pendiri Apple itu memberikan contoh Verizon dengan mengklaim, iPhone tanpa slot kartu SIM sangat mungkin karena operator itu dikenal dengan jaringan CDMA-nya ketimbang GSM.

Informasi, ponsel CDMA memang kebanyakan tidak membutuhkan kartu SIM di perangkat karena sudah langsung terhubung langsung ke jaringan operator.

Mendapati ide tersebut sangat tidak masuk akal--saat itu, Fadell menyebutkan bagaimana dia dan tim di Apple harus menggunakan data pasar untuk meyakinkan Steve Jobs.

Dalam argumennya, Tony mengatakan menggunakan CDMA alih-alih GSM untuk iPhone tidak akan laku di pasaran karena teknologi itu memiliki adopsi yang sangat kecil.

Saat peluncuran pertama iPhone di 2007, ide untuk tidak menyertakan sebuah slot kartu SIM di dalam perangkat memang tergolong tidak masuk akal.

Akan tetapi dengan perkembangan teknologi sekarang, Apple sendiri sudah mulai mengadopsi eSIM untuk lini model iPhone terbarunya di pasaran saat ini.

Berdasarkan hal tersebut, ide Steve Jobs kala itu memang lebih dari sekadar ucapan tentang penampilan astetik, tetapi juga melihat perkembangan teknologi di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Apple Punya Rencana Bikin iPhone Tanpa Slot SIM Card

Apple iPhone 13 Pro Alpine Green (Dok. Apple)

Di sisi lain, Apple mungkin akan meluncurkan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card.

Mengutip Gadgetsnow, Senin (27/12/2021), kemungkinan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card adalah iPhone 15 series.

Informasi ini pertama kali diungkap berdasarkan laporan dari BlogDoiPhone.

iPhone 15 sendiri diperkirakan bakal rilis pada 2023, hal ini mengingat iPhone terbaru yakni iPhone 13 series dirilis pada 2021.

Laporan itu menyebut, iPhone 15 bisa jadi model iPhone pertama yang rilis tanpa slot SIM card fisik. Rumor ini berdasarkan sumber internal dari perusahaan. Meski begitu kebenarannya masih belum diketahui.

Menurut laporan, Apple telah lama bereksperimen untuk tidak menghadirkan SIM card di perangkatnya, salah satunya dengan implementasi teknologi eSIM.

"Seorang sumber internal yang tidak disebutkan namanya menyebut, nantinya mulai dari 2023, iPhone versi Pro mungkin tidak akan menghadikan slot SIM card fisik dan hanya menggunakan 2 slot eSIM," tulis laporan itu.

 

3 dari 4 halaman

Transisi ke eSIM

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max (Foto: Apple Newsroom).

Perlu diketahui, iPhone dan iPad perlahan memang sudah memulai transisi untuk menerapkan slot eSIM pada sejumlah model iPhone, dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro merupakan model iPhone pertama yang memiliki dukungan dual eSIM, memungkinkan pengguna memakai dua eSIM.

Jika Apple benar-benar akan menghadirkan iPhone tanpa slot SIM card pada iPhone 15, kemungkinan perangkat ini tidak bisa dirilis di seluruh pasar internasional.

Hal ini masuk akal mengingat belum semua negara mengadopsi teknologi eSIM pada smartphone.

Selain rumor mengenai desain iPhone tanpa slot SIM card, ada juga rumor mengenai Apple yang tengah mengembangkan iPhone port-less.

Jika rumor ini benar, ada kemungkinan Apple mau mempensiunkan konektor Lightning yang selama ini dipakai di iPhone.

 

4 dari 4 halaman

Bocoran iPhone 14, Punya Kamera 48MP?

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Terlepas dari rumor kehadiran iPhone tanpa slot SIM card, hampir satu dekade, Apple masih setia menggunakan lensa kamera bersensor 12MP untuk deret seri iPhone mereka.

Namun, hal tersebut tampaknya akan berubah dengan salah satu seri iPhone terbaru, yaitu iPhone 14 Pro.

Apple akan menggunakan sensor 48MP untuk kamera utamanya, ucap analis Ming-Chi Kuo yang dikutip GSM Arena, Rabu (22/12/2021).

Menggunakan sensor 48MP, kamera iPhone 14 Pro ini menghasilkan gambar 12MP yang lebih detail berkat teknologi pixel-binning.

Selain meningkatkan kemampuan sensor kamera, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga akan memperkenalkan lensa periskop seperti Huawei P50 Pro.

Disebutkan, lensa ini akan hadir di seri iPhone 15 yang dijadwalkan meluncur pada 2023.

Sayang, masih belum ada informasi lebih detail tentang hal tersebut. Saat ini, iPhone 13 Pro hanya menggunakan kamera telefoto berkemampuan 3x zoom.

(Ysl/Isk)