Sukses

Pengguna Internet Telkomsel Bakal Makin Haus Kuota Saat Ramadhan

Telkomsel memperkirakan selama momen Ramadhan dan Idulfitri, trafik komunikasi, terutama layanan data akan mengalami lonjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memerkirakan selama Ramadhan dan Idulfitri (RAFI) 2022, akan terjadi lonjakan komunikasi dan trafik internet untuk akses layanan digital di sejumlah daerah.

Hal ini tidak terlepas dari dikeluarkannya kebijakan bagi masyarakat untuk bisa mudik, meski dengan sejumlah persyaratan. Telkomsel memprediksi, akan terjadi pergerakan signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2022 dibanding hari normal.

Direktur Network Telkomsel Nugroho memaparkan, trafik internet diprediksi tumbuh 9,4 persen. Sementara trafik panggilan suara justru akan turun 9,3 persen dan SMS tumbuh 4,1 persen.

"Untuk layanan panggilan memang sudah terus menurun, sementara untuk trafik SMS diperkirakan meningkat karena di momen Idulfitri akan banyak yang bersilaturahmi," kata pria yang biasa disapa Nugie, dalam konferensi pers Telkomsel, Kamis (31/3/2022).

Pelanggan pun bakal makin haus kuota internet sepanjang Ramadan. Pasalnya, aktivitas digital masyarakat diperkirakan meningkat.

Kuota internet kemungkinan besar akan dipakai untuk mengakses layanan media sosial (tumbuh 7,5 persen) dan aplikasi pesan dan video conference (tumbuh 21,3 persen).

Tidak lupa, trafik internet makin tinggi karena akses streaming video (naik 15,3 persen), gim mobile (naik 34,9 persen), browsing (naik 17,8 persen), dan layanan e-commerce (naik 18,4 persen).

Untuk mengantisipasi akses layanan data tersebut, Telkomsel menambah kapasitas 932 Gbps untuk Gateway GPRS Support Node (GGSN) sehingga total kapasitas adalah 10.032 Gbps (Gigabyte per second).

Selain itu untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps sehingga totalnya menjadi 9.390 Gbps.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

500 Titik Keramaian

Sebelumnya, Telkomsel memperkuat jaringan dan menambah kapasitas di 501 titik keramaian atau disebut Point of Interest (POI).

Diungkapkan Direktur Network Telkomsel Nugroho, ke-500 POI yang jaringannya diperkuat ini terdiri dari 104 area residensial.

Selain itu juga 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit seperti bandar udara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. Kemudian ada 299 area spesial, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

"Titik yang diperkuat lebih banyak di area spesial karena saat ini status mudik sudah diperbolehkan. Jadi, kesiapan ditingkatkan di lokasi spesial seperti pusat perbelanjaan atau pariwisata," kata pria yang karib disapa Nugie, dalam konferensi pers Telkomsel menyambut RAFI 2022, yang digelar daring, Kamis (31/3/2022).

Sementara menurut Nugie, untuk wilayah residensial atau permukiman, coverage lebih ditingkatkan pada malam hari mengingat adanya aktivitas sahur selama Ramadan.

Sebaliknya, untuk area spesial seperti pusat perbelanjaan dan pariwisata, jaringan lebih ditingkatkan pada siang hari, ketika orang banyak beraktivitas.

3 dari 3 halaman

Uji Jaringan di 15.000 Km Jalur Mudik

Nugie menjelaskan, Telkomsel telah menggelar rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh 15.371Km.

Terutama hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas tol utama di seluruh Indonesia.

Bukan hanya itu, Telkomsel pun memperkuat kualitas jaringan dengan meningkatkan kapasitas 155 BTS 4G, menambah 284 BTS 4G baru, dan mengoperasikan 60 unit BTS mobile di seluruh wilayah POI.

Hal ini melengkapi lebih dari 255 ribu BTS yang sebagian sudah berjaringan 4G.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.