Sukses

5 Link Twibbon Pilihan untuk Meriahkan Perayaan Cap Go Meh

Berikut ini ada lima link twibbon pilihan yang bisa dipakai untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh.

Liputan6.com, Jakarta - Usai perayaan Tahun Baru Imlek, keluarga keturunan Tionghoa di Indonesia juga memiliki satu perayaan terakhir yang dikenal dengan nama Cap Go Meh. Perayaan ini biasanya dilakukan dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.

Istilah Cap Go Meh sendiri berasal dari dialek Hokkian yang bila diartikan secara harafiah bermakna '15 hari atau malam setelah Imlek'. Jika dipenggal per kata. 'Cap' berarti sepuluh, 'Go' adalah lima, dan 'Meh' artinya malam.

Di Indonesia, perayaan Cap Go Meh diketahui banyak dirayakan di wilayah Bogor, Singkawang, Palembang dan Pontianak mengingat banyak masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di sana.

Kemeriahan Cap Go Meh pun kerap diungkapkan melalui media sosial. Salah satu yang kini menjadi tren adalah menggunakan twibbon pada foto profil di aplikasi chatting atau media sosial.

Twibbon merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga aplikasi pesan WhatsApp dan Telegram.

Nah untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh tahun ini dengan memasang twibbon, Tekno Liputan6.com membagikan lima link twibbon pilihan yang bisa kamu pakai.

  1. https://www.twibbonize.com/wihara
  2. https://www.twibbonize.com/virtualcapgomeh2573
  3. https://www.twibbonize.com/perwanticapgomeh
  4. https://www.twibbonize.com/happycapgomeh
  5. https://www.twibbonize.com/capgomehghopadang

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cap Go Meh di Kota Bogor akan Kembali Digelar, Tapi Dibatasi

Perayaan Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival 2022 akan kembali diselenggarakan di Kota Bogor. Namun dalam puncak perayaan Imlek tahun ini digelar secara sederhana dan terbatas mengingat masih pandemi.

Perayaan CGM Bogor Street Festival kali ini akan dipusatkan di Vihara Dhanagun pada 15 Februari 2022 mendatang.

Acara tersebut akan dibagi menjadi dua sesi, yaitu live taping dan live telecast, yang nantinya kedua acara itu akan disiarkan langsung melalui akun YouTube CGMBogorStreetFest-PestaRakyatBogor.

Untuk acara pertama dimulai pada pukul 18.10 WIB, meliputi kegiatan doa bersama lintas agama, dan atraksi seni budaya dari beberapa daerah. Kemudian atraksi KieLin, Liong dan Barong serta sajian dari para budayawan Sunda Kota Bogor.

"Untuk pentas seni budaya hanya pre recorded. Jadi tamu undangan hanya menonton tari-tarian yang ditayangkan di pelataran Vihara Dhanagun," kata Ketua Panitia Cap Go Meh Bogor Street Festival 2022, Arifin Himawan, Jumat (11/2/2022).

Sementara sajian dari budayawan, atraksi Kie Lin, Liong dan Barong tetap melakukan atraksi secara langsung dihadapan tamu undangan.

Kemudian pada acara kedua yaitu melakukan ruwatan. Kie Lin, Liong dan Barong serta budayawan Kasundaan akan melakukan ruwatan di Jalan Suryakencana, yang baru saja direvitalisasi oleh Pemkot Bogor.

3 dari 4 halaman

Diawasi Satgas

Ruwatan akan diiringi dengan suara tetabuhan bunyi-bunyian sehingga diharapkan memberikan semangat kepada masyarakat dan tetap tegar menghadapi kondisi sekarang ini.

"Tradisi bunyi-bunyian dari tetabuhan dipercaya menyingkirkan segala bala, mata dan bahaya di sepanjang tahun 2753 ini," ucap Arifin.

Seputar area Vihara Danagun dan Jalan Suryakencana akan dijaga ketat oleh petugas gabungan termasuk Satgas Covid-19 selama acara berlangsung. Ini untuk mencegah bila ada masyarakat yang mencoba masuk ke dalam maupun berkerumun di sekitar Vihara, termasuk saat acara ruwatan.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.