Sukses

Top 3 Tekno: Warga Sipil Temukan Planet Mirip Jupiter Curi Perhatian

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga sipil baru-baru ini berhasil menemukan planet TOI-2180 b dengan karakteristik mirip dengan Jupiter saat menyisir data teleskop NASA.

Artikel tim ilmuwan warga sipil menemukan planet yang mirip Jupiter dengan jarak 379 tahun cahaya ini, menjcuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (18/1/2022).

Selain itu, artikel tentang pernyataan Telegram yang sempat eror di berbagai negara hingga Grab mendukung Kebijakan Satu Peta.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Warga Sipil Bantu Temukan Planet Mirip Jupiter Berjarak 379 Tahun Cahaya

Planet Jupiter (Foto: NASA).

Sudahkah kamu menonton film Don't Look Up di Netflix? Jika sudah kamu pasti tahu, astronom dari sebuah kampus menemukan komet yang mengancam Bumi dan melaporkan temuannya ke lembaga antariksa.

Dalam pekerjaan astronomi seperti kasus di atas, sangat mungkin adanya kerja sama antarpihak untuk membuat temuan baru. Pekerjaan ini sebagian besar dilakukan oleh astronom profesional, namun ada kesempatan di mana anggota masyarakat juga turut membantu.

Nah, belum lama ini sejumlah warga sipil membantu menyisir data dari teleskop NASA guna mengidentifikasi planet gas raksasa yang terletak 379 tahun cahaya.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2 dari 3 halaman

2. Sempat Error di Sejumlah Negara, Telegram Sebut ada Masalah Koneksi

Ilustrasi Telegram. (Doc: Newsweek)

Layanan Telegram down, tak bisa diakses sama sekali pada Senin malam, 17 Januari 2022. Pengguna di aplikasi smartphone, Telegram web, hingga aplikasi Telegram di PC tidak bisa menggunakan layanan Telegram.

Pihak Telegram pun membenarkan kalau layanannya tidak bisa diakses di sejumlah negara di dunia.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3 dari 3 halaman

3. Grab Jadi Mitra Pengumpulan Titik Koordinat untuk Kebijakan Satu Peta

Ilustrasi Grab

Badan Informasi Geospasial menjalin kemitraan dengan Grab untuk mendukung Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy (OMP).

Sebagai bagian dari Pilot Project, Grab akan mengumpulkan lebih dari 10.000 PoI (Point of Interest) atau titik koordinat di tiga kota dan kabupaten, yaitu Sukabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)