Sukses

10 YouTuber Paling Cuan di 2021, Ada Bocah 7 Tahun!

Liputan6.com, Jakarta - Forbes merilis deretan YouTuber dengan pendapatan paling banyak di dunia.

Dari total pendapatan di dunia hiburan, para YouTuber mendapatkan sekitar USD 300 juta (Rp 4,2 triliun). Pendapatan YouTuber ini naik 40 persen dibandingkan tahun lalu.

Berikut adalah 10 YouTuber paling tajir di 2021, seperti dikutip dari Forbes, Selasa (18/1/2022).

1. MrBeast (Jimmy Donaldson)

Peningkatan jumlah viewers membuat YouTuber MrBeast alias Jimmy Donaldson menghasilkan cuan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan YouTuber paling tajir tahun lalu, Ryan Kaji. Sekadar informasi, pendapatan MrBeast dari YouTube sebesar USD 54 juta atau setara Rp 773 miliar.

Salah satu pendorongnya adalah proyek tentang MrBeast Burger, aplikasi dan menu yang memungkinkan fansnya pesan makanan dari 1.600 restoran di AS yang telah bermitra dengan MrBeast. Saat ini, MrBeast mengelola 90 juta subscriber YouTube gara-gara proyek ini.

 2. Jake Paul

YouTuber Jake Paul berhasil mendapatkan sebesar USD 45 juta (setara Rp 644 miliar) dari kanal YouTube-nya. Sebelumnya, program monetisasi kanal YouTube Jake Paul sempat dibekukan, namun dikembalikan baru-baru ini. 

Selanjutnya, alih-alih nyeleneh seperti sebelumnya, konten Jake Paul saat ini seputar karier boxing-nya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

3. Markiplier

YouTuber Markiplier menjadi YouTuber paling cuan nomor tiga tahun ini, dengan penghasilan USD 38 juta atau setara Rp 544 juta.

Pendapatan Markiplier naik dua kali lipat berkat penjualan kuat dari T-shirt, hoodie, dan merchandise lainnya terkait seri Unus Annus.

Video Unus Annus ini adalah hasil kolaborasi dengan sesama YouTuber Ethan Nestor-Darling yang ditayangkan di channel YouTube Markiplier sejak 2019. Saat ini, kanal YouTube-nya diikuti oleh 31 juta subscriber.

4. Rhett and Link

Rhett and Link memulai karier sebagai duo pembawa acara talkshow Good Mythical Morning. Kini keduanya berkembang dengan berbagai ekstensi merek yang meningkatkan penayangan dan penghasilan mereka di YouTube.

Salah satu show yang sukses di YouTube adalah Mythical Kitchen, serial memasak dengan pembawa acara orang berbeda.

Pada Oktober lalu, Rhett and Link memenuhi permintaan penggemar lamanya untuk menjadi tuan rumah live selama dua jam. Keduanya mengisi acara berbayar, dengan harga tiket USD 50, sebanyak 70.000 tiket.

Keduanya menghasilkan USD 30 juta (setara Rp 429 miliar) pada 2021.

3 dari 6 halaman

Dua YouTuber Cilik

5. Unspeakable

Kanal YouTube Unspeakable menghasilkan USD 28,5 juta (setara Rp 408 miliar di tahun 2021. Video-video Unspeakable kebanyakan membahas tentang Minecraft.

Ada 20 juta pelanggan yang subscribe empat kanal YouTube-nya. Dalam kanal tersebut, ia mengunggah video dirinya tengah main gim Minecraft dan gim lainnya.

6. Nastya

YouTube cilik Nastya juga menghasilkan cuan yang sangat besar, yakni USD 28 juta atau setara Rp 401 miliar.

Gadis 7 tahun ini bermigrasi dari Rusia dengan orang tuanya. Ia memiliki lebih dari 87,5 juta subscriber di kanal Nastya.

Video-video populernya adalah video saat diri gadis kecil ini mendekorasi cupcake Halloween. Ada banyak lainnya video ketika Nastya menghabiskan waktu dengan teman baiknya, Evelyn dan Adrian.

7. Ryan Kaji

Ryan Kaji adalah YouTuber cilik yang tahun 2020 lalu menjadi YouTuber terkaya berkat video-videonya.

Ryan Kaji menghasilkan sebesar USD 27 juta atau setara Rp 386,7 miliar pada tahun ini. Ryan Kaji memulai karier YouTube-nya sejak berusia 4 tahun. Kanalnya berisi video-video unboxing dan review mainan-mainan terbaru.

 

4 dari 6 halaman

8. Dude Perfect

Kanal Dude Perfect yang diasuh oleh Coby dan Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney mendapatkan penghasilan USD 20 juta (setara Rp 286,4 miliar).

Video-video di kanal ini adalah seputar tantangan unik dan agak berbahaya.

9. Logan Paul

Seperti saudaranya, Jake Paul, Logan Paul kembali masuk ke daftar YouTuber paling cuan tahun 2021. Seperti Jake juga, Logan Paul kini beralih ke video-video boxing.

Penghasilan Logan Paul sebesar USD 18 juta atau setara Rp 257,7 miliar.

Ia bahkan bertarung dengan mantan juara dunia tinju Floyd Mayweather dalam pertandingan ekshibisi.

Logan juga merilis NFT pertamanya dengan penjualan sebesar USD 5 juta. Podcast-nya pun meraup lebih dari 100 juta viewers di YouTube dalam setahun terakhir.

5 dari 6 halaman

10. Preston Arsement

Preston Arsement memiliki sejumlah kanal YouTube, namun yang paling popular adalah kanal PrestonPlayz yang berkutat seputar gim, termasuk Minecarft.

Tahun 2021, Preston Arsement berhasil mendapatkan penghasilan sebesar USD 16 juta (setara Rp 229,1 miliar) dari kanal YouTube-nya.

(Tin/Isk)

 

6 dari 6 halaman

Infografis Tentang Layanan Internet Asing