Sukses

Telkomsel Gelar Program NextDev Talent Scouting 2021 Dorong Pertumbuhan Early Stage Startup

The NextDev Talent Scouting 2021 merupakan program inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkomsel untuk mendorong pertumbuhan early-stage startup.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel baru saja mengumumkan kehadiran program bertajuk The NextDev Talent Scouting 2021. Program ini merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong pertumbuhan early-stage startup.

Program rekrutmen inkubasi ini diharapkan bisa meningkatkan kapabilitas dan kompetensi digital, sekaligus membangun talenta digital yang terampil, cekatan, dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahaan digitalnya.

"Jadi, para talenta di bidang teknologi ini dapat menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital yang dapat menjadi solusi atas berbagai tantangan di setiap fase kehidupan," tutur General Manager CSR Telkomsel, Andry P. Santoso dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (19/12/2021).

Untuk diketahui, program The NextDev Talent Scouting tahun ini mencari startup yang fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang mendukung terlaksananya peningkatan kualitas hidup secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, program ini menghadirkan empat kategori yang didesain khusus berdasarkan SDGs (Sustainable Development Goals) seperti Economic Empowerment, Edtech for Change, Health Revolution, Tourism & Ecotourism.

Dalam mengkurasi startup yang telah mendaftar, program ini menetapkan beberapa kriteria. Salah satunya startup harus memiliki solusi yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Selain itu, startup harus memiliki minimum viable product (MVP) atau purwarupa. Lalu, pendiri startup harus memiliki komitmen dan kompetisi sebagai kuat sebagai tim (hipster, hacker, dan hustler).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program TheNext Talent Scouting

Nantinya, peserta TheNext Talent Scouting yang telah menjalani seleksi tahap awal akan disaring kembali menjadi 40 besar sampai top 12.

Penyaringan itu dilakukan dengan sistem pitching yang dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti dampak sosial, produk, model bisnis, traction, hingga manajemen tim.

Pendaftaran The NextDev Talent Scouting 2021 dimulai dengan Track Pitch untuk kategori Economic Empowerment pada 16 Desember 2021, lalu Edtech for Change pada 23 Desember 2021.

Sementara untuk Health Revolution pada 13 Januari 2022, Tourism & Ecotourism pada 20 Januari 2022, serta diakhiri dengan Grand Final Pitch pada 27 Januari 2022.

Seluruh peserta yang terpilih dalam 12 startup terbaik akan mendapatkan benefit seperti 5G, yakni Grant Money, Good Opportunities, Great Mentors, Gain Exposure, dan Golden Ticket to The NextDev Academy 2021.

3 dari 4 halaman

Telkomsel Bersiap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Data Saat Nataru

Di sisi lain, Telkomsel mengungkapkan beberapa persiapan mereka dalam mengoptimalisasi jaringan di momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, momen Natal dan Tahun Baru, baik dalam kondisi normal atau pandemi, akan banyak aktivitas di luar kebiasaan.

"Kami terus memastikan agar layanan Telkomsel tersedia dengan prima, sehingga itu bisa membantu seluruh masyarakat yang membutuhkan, terutama di periode peak," kata Nugroho pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Nugroho menambahkan, di momen Nataru ini Telkomsel membawa tiga tema besar yaitu #TerusNyalakanSemangat, #BukaSemuaPeluang, serta #YangKitaBisa.

Sepanjang momen Nataru kali ini, Telkomsel sendiri memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningaktan sebesar 8,38 persen.

Sementara di momen malam Tahun Baru, akan terdapat lonjakan payload hingga 15,08 persen dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB. 

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini