Sukses

NOICE: Pendengar Podcast di Surabaya Terbesar Kedua di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Platform streaming audio NOICE mengatakan, Surabaya menjadi urutan ke-2 kota dengan pendengar podcast atau siniar terbanyak di Indonesia.

Dalam siaran persnya, ditulis Kamis (25/11/2021), NOICE mencatat ada lebih dari 550 ribu pendengar podcast di platform mereka, yang berasal dari kota di Jawa Timur itu.

"Sebagai kota metropolitan dan terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya memang memiliki magnet tersendiri bagi para penggerak industri kreatif di tanah air," tulis NOICE.

Karena ini, NOICE mengatakan mereka ingin merangkul kreator konten serta insan kreatif di Surabaya, untuk bisa berkarya dan turut memajukan industri konten audio di Indonesia.

Niken Sasmaya, Chief Business Officer NOICE mengatakan, podcast dan konten audio populer karena produksinya yang mudah, tidak membutuhkan peralatan rumit, serta menjadi pilihan bagi mereka yang malu tampil di depan layar.

Selain itu, podcast juga bisa dinikmati secara fleksibel sambil multi-tasking, saat sedang berkendara, bekerja, belajar, melakukan pekerjaanrumah, serta kegiatan lainnya tanpa perlu melihat layar.

"Dengan berbagai kemudahan ini, kami ingin bisa merangkul lebih banyak lagi konten kreator di Surabaya untuk bisa sukses berkarya di industri konten audio dengan membuat podcast di NOICE," kata Niken. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Podcast dari Surabaya

Dono Pradana, host podcast Lambemu mengatakan, dukungan NOICE membantu mereka dari segi pengembangan konten hingga promosi, sehingga konten "ras-rasan" yang mereka angkat bisa lebih akrab di telinga masyarakat.

"Di sisi lain, kami melihat banyak perantau dari Surabaya yang rindu dengan kampung halamannya dan ketika mendengarkan Lambemu, rasa rindunya terobat," kata Dono yang juga seorang komedian tunggal ini.

Podcast Lambemu sendiri mengangkat topik-topik menghibur yang disajikan secara jenaka dengan bahasa dan logat khas Surabaya.

Sejak hadir di awal tahun ini di aplikasi NOICE, podcast yang dibawakan oleh Firza Valaza dan Dono Pradana tersebut telah diikuti oleh lebih dari 27 ribu followers dengan 31 episode yang sudah mengudara.

Selain Lambemu, konten podcast lainnya di NOICE yang berasal dari Surabaya dan daerah Jawa Timur antara lain Podloud Podcast, Podcast Kisah Horror, Podcast Ngefans Sante, D’Bobol, NerasFootball & Conspiracy, R.O.E Podcast, dan KePodcash.

3 dari 4 halaman

Gandeng Lebih dari 300 Kreator

Thomas Raditya, VP of Content NOICE mengklaim, mereka sangat memahami karakteristik konten yang disukai dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, terutama anak muda.

"Kami yakin dengan mengangkat konten bercita rasa lokal dengan cerita di berbagai daerah yang khas tentu akan menumbuhkan ketertarikan dan loyalitas mendalam para pendengar terhadap konten dan podcaster yang mereka sukai," kata Thomas.

NOICE mengungkapkan, beberapa dukungan mereka bagi para kreatornya seperti fasilitas studio dengan tim produksi, serta teknologi aplikasi dan fitur untuk meningkatkan engagement kepada pengguna.

Dukungan juga memungkinkan kreator untuk melakukan monetisasi lewat kontennya dalam bentuk tipping atau donasi yang bisa dilakukan oleh pendengar untuk mendukung kreator favoritnya.

Mereka juga mengatakan mendukung para konten kreator dari segi coaching dan mentoring untuk mengembangkan kualitas podcast-nya, peluang kolaborasi dengan podcaster berbakat lain serta dari sisi promosi untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Hingga saat ini NOICE telah menggandeng lebih dari 300 konten kreator se-Indonesia untuk menghadirkan konten podcast di platformnya dengan total lebih dari 20 ribu episode podcast.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal