Sukses

GoTo Gandeng Pemkot Surabaya Dorong UMKM Manfaatkan Ekosistem Digital

GoTo meluncurkan gerakan #BangkitBersama di Surabaya, dengan tujuan membangkitkan UMKM lokal yang sempat meredup di tengah pandemi

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Surabaya bersama dengan perusahaan teknologi GoTo mengungkapkan pentingnya digitalisasi untuk kebangkitan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, UMKM sudah menjdai ujung tombak ekonomi Surabaya, serta mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Terlebih dengan hadirnya usaha-usaha yang dibantu digital.

"Karena mau tidak mau, UMKM ini akan bergerak hebat kalau dia juga bermain dengan digital, apalagi pas masa pandemi ini," kata Eri, dalam siaran pers GoTo, ditulis Rabu (10/11/2021).

Eri mencontohkan, di masa pandemi, seseorang akan memesan produk UMKM secara digital, misalnya melalui Gojek atau dengan GoPay.

Leontinus A. Edison, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia mengatakan, UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia harus beradaptasi dan menciptakan peluang agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Terutama di tengah persaingan yang ketat," kata Leontinus.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek, menyebut Surabaya dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner, karena banyaknya industri rumahan kuliner yang terkenal hingga ke kota-kota lain.

"Data kami juga mencatat anggota Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya mencapai lebih dari lima ribu UMKM dan merupakan kota dengan basis anggota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bandung," kata Catherine.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Merchant UMKM

Winny Triswandhani, Head of Corporate Communication GoTo Financial mengatakan, UMKM tetap perlu terus beradaptasi di tengah pandemi lewat berbagai kanal, salah satunya lewat solusi offline to online.

"Di Surabaya, pertumbuhan merchant UMKM di GoTo Financial meningkat 138 persen dibandingkan masa pandemi," kata Winny.

GoTo sendiri meluncurkan gerakan #BangkitBersama di Surabaya, dengan tujuan membangkitkan UMKM lokal yang sempat meredup di tengah pandemi, serta agar produknya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Gerakan ini dihadirkan dengan sederet program lengkap dan holistik serta melibatkan dan menyelaraskan tiga elemen penting dalam ekosistem GoTo, yaitu UMKM, konsumen, dan mitra driver.

Salah satu bentuk dukungan GoTo kepada UMKM di Surabaya, Jawa Timur, adalah menghadirkan program promosi GoFood, bagi para pedagang yang tergabung di Sentra Wisata Kuliner Surabaya pada akhir Oktober lalu.

Goto mengklaim, lewat program ini, para mitra GoFood berhasil memperoleh kenaikan nilai transaksi hingga 28 persen.

3 dari 4 halaman

Dorong Peningkatan Transaksi UMKM

Selain itu, Tokopedia juga mendukung pameran UMKM dan produk unggulan tahunan Jawa Timur, Jatim Fair Hybrid 2021, yang diselenggarakan secara online lewat Tokopedia.

Acara ini diklaim berhasil mendorong peningkatan transaksi para UMKM lokal yang mengikuti kegiatan ini dengan nilai paling tinggi mencapai 13 kali lipat.

GoTo juga berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya juga menghadirkan beragam program pengembangan skill bagi para pelaku UMKM lewat Kelas Maju Digital Pemula.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 11 dan 19 November 2021 mendatang dengan peserta ribuan UMKM binaan Pemerintah Kota Surabaya, baik kuliner dan non kuliner.

GoTo Financial, dengan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur, juga mendorong pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM di Surabaya untuk mendorong tumbuhnya literasi keuangan, serta mendorong UMKM go-digital.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Aman Naik Ojek Online Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.