Sukses

Bikin Film Berdurasi Panjang Pakai Smartphone, Mungkinkah?

Tiga sutradara Indonesia sepakat bahwa smartphone mungkin saja digunakan untuk membuat film dengan durasi panjang

Liputan6.com, Jakarta Teknologi terbaru smartphone saat ini tidak hanya memungkinkan pengguna memakainya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk membuat sebuah film.

Sutradara Riri Riza pada Jumat (22/10/2021) mengatakan, bukan tidak mungkin sebuah film berdurasi panjang akan dibuat hanya dengan menggunakan smartphone.

"Syuting kan by sequence, semua asal persiapannya tepat, kita punya cerita tepat, saya yakin bisa," kata Riri dalam pemutaran perdana tiga film pendek karya Oppo CineFinders di Jakarta.

Sementara itu, menurut sutradara Garin Nugroho, teknologi merupakan salah satu cara untuk menjelajahi hal yang baru.

"Kalau bikin cerita film, mungkin besok pun saya ingin sekali membuat film cerita dengan handphone," katanya dalam acara yang sama, melalui sambungan jarak jauh dari Papua.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagian dari Tubuh

Garin melanjutkan, saat ini semuanya bisa dilakukan hanya dengan smartphone mudah untuk digenggam dengan tangan.

Garin mengatakan, dengan smartphone, saat ini segalanya "ada di tangan kita sendiri." Penggunaannya pun juga praktis, efisien, namun mampu "menjelajah sangat luas."

"Teknologi sebenarnya sudah jadi bagian dari tubuh kita sekarang. Jadi kalau ditanya bagaimana membuat film cerita dengan handphone, itu malah sudah seharusnya dilakukan," ujar sutradara Soegija tersebut.

3 dari 4 halaman

Film Pendek dengan Smartphone

Riri, Garin, dan Jay Subiyakto sendiri, bersama dengan Oppo, baru-baru ini menggarap film pendek yang pengambilan gambarnya dilakukan dengan smartphone Oppo Find X3 Pro 5G.

Ketiga film pendek itu berjudul berjudul Siklus (Garin Nugroho), Dedari (Jay Subiyakto), dan You and Me in Low Angle (Riri Riza), yang berdurasi tujuh hingga 15 menit.

Jay Subiyakto dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, apa yang mereka lakukan bisa membuka potensi dibuatnya sebuah film panjang hanya dengan smartphone.

"Ada yang tujuh menit, ada yang 15 menit, jadi untuk film dua jam pun sangat mungkin sekali," kata Jay.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.