Sukses

Cara Gabung Panggilan Grup di WhatsApp dengan Satu Klik

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merilis fitur Joinable Calls yang diperkenalkan pertama kali pada Juli 2021. Lewat pembaruan ini pengguna kian mudah untuk bergabung dalam panggilan grup yang tengah dilakukan.

Kini, seperti dikutip dari keterangan resmi WhatsApp, Kamis (20/10/2021), fitur Joinable Calls telah terintegrasi dengan obrolan grup. Jadi, kamu dapat mengakses langsung panggilan yang sedang terjadi dari obrolan grup.

Untuk mengaksesnya, pengguna tinggal masuk ke grup yang sedang melakukan panggilan. Pengguna aplikasi chatting ini dapat mengetahui apakah panggilan sedang berlangsung dari ikon yang ada di gambar profil grup tersebut.

Setelah masuk grup, akan opsi Join yang muncul di bagian atas dan pengguna tinggal mengkliknya untuk bergabung dalam panggilan yang sedang berlangsung. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu khawatir ketinggalan panggilan yang mungkin dilewatkannya.

Namun tidak hanya itu, dengan fitur Joinable Calls yang terintegrasi ini ada beberapa kemudahan lain yang diterima pengguna. Salah satunya notifikasi panggilan akan menampilkan nama grup, alih-alih nama peserta.

Perlu dicatat, hanya orang-orang anggota grup yang dapat bergabung dalam panggilan. WhatsApp juga mengatakan panggilan akan muncul di daftar obrolan, sehingga pengguna dapat langsung melihat grup mana yang sedang melakukan panggilan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Hadirkan Solusi Bergabung di Panggilan Video Grup yang Terlewat

WhatsApp baru saja menghadirkan kemampuan baru untuk fitur panggilan video grup (group video call). Dengan kemampuan baru ini, pengguna dapat dengan mudah bergabung dalam panggilan video grup yang mungkin terabaikan.

Dalam keterangan resmi yang kami terima, Rabu (21/7/2021), kemampuan baru ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk tidak langsung menjawab panggilan grup saat percakapan dimulai. Jadi, ia dapat menyusul kemudian.

 Seperti diketahui, saat melakukan panggilan video grup di WhatsApp, jika ada seseorang yang melewatkannya dan ingin bergabung, panggilan harus dimulai kembali dari awal.

Adapun opsi lain adalah meminta orang dalam panggilan video grup tersebut untuk mengundangnya kembali.

"Dengan fitur ini, jika seseorang dari grup kamu melewatkan panggilan grup saat panggilan berdering, ia masih dapat bergabung kapan pun. Kamu juga dapat keluar dan bergabung kembali selama panggilan masih berlangsung," tutur WhatsApp.

Selain itu, pengguna kini juga dapat meninjau daftar peserta termasuk undangan yang belum bergabung dalam sebuah panggilan video grup. Untuk melakukannya, pengguna tinggal mengetuk menu Buka saat ada panggilan masuk.

3 dari 4 halaman

Cara Gabung dengan Panggilan yang Sedang Berlangsung di WhatsApp

Lantas bagaimana dengan pengguna bergabung dengan panggilan video grup terlewat? Pengguna cukup mengetuk tab Panggilan, lalu melihat apakah panggilan video tersebut masih berlangsung.

Apabila masih berlangsung, pengguna dapat langsung mengetuknya untuk membuka layar info panggilan. Setelah itu, dari menu Panggilan, pengguna dapat memilih opsi Gabung.

Kemampuan ini sudah tersedia dan dapat digunakan seluruh pengguna WhatsApp. Tidak hanya panggilan video grup, kemampuan ini juga mendukung panggilan suara grup.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp