Sukses

Twitter Izinkan Pengguna Hapus Followers dari Akun Profil

Liputan6.com, Jakarta - Twitter kini mengizinkan pengguna untuk menghapus followers dari akun profil mereka.

Kemudahan ini digulirkan mengingat kadang kala, akun-akun yang mengikuti kita malah menganggu dengan mencuit balasan berupa spam atau komentar toxic.

Sebelum kehadiran fitur baru di atas, pengguna harus membuat akun mereka privat atau menghapus followers tersebut dengan cara memblokirnya.

Sayangnya, memblokir akun seseorang di Twitter bisa membawa dampak negatif. Misalnya orang tersebut kembali membuat akun untuk nge-spam atau mencuit komentar toxic.

Sadar akan hal tersebut, Twitter pun menggulirkan fitur yang mempermudah pengguna untuk mengatur follower mereka.

"Kami membuat lebih mudah bagi pengguna untuk mengatur daftar followers. Kini tengah diuji di web: menghapus follower tanpa memblokirnya," kata Twitter dalam cuitan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gimana Caranya?

Dengan kehadiran fitur ini, untuk menghapus follower, pengguna hanya tinggal masuk ke profil dan klik 'Followers', selanjutnya klik ikon titik tiga dan pilih 'Remove this follower'.

Mengutip Ubergizmo, Kamis (14/10/2021), Twitter sebenarnya telah menguji coba fitur ini sejak bulan lalu. Selanjutnya, kini Twitter menggulirkannya ke semua pengguna.

Sayangnya ada pula kelemahan dari fitur baru ini. Jika pengguna yang dihapus dari follower mencari profil kamu, dan melihat bahwa ternyata mereka tidak mem-follow kamu, mereka bisa mengikuti akun kamu dengan mudah. Kecuali jika kamu mengatur akun kamu ke setting private.

Bagusnya, Twitter mengatakan pihaknya tidak akan memberi notifikasi pada pengguna yang telah dihapus dari follower.

Hal ini jadi opsi yang bagus alih-alih memblokir akun tersebut. Bagi sebagian pengguna, fitur ini mungkin cukup bermanfaat.

3 dari 4 halaman

Berbagi Tip ke Akun Favorit

Terlepas dari itu, sebelumnya Twitter meluncurkan fitur Tips untuk para pengguna di platformnya. Sesuai namanya, fitur yang sebelumnya dikenal dengan nama Tip Jar ini memungkinkan pengguna Twitter memberikan tip sebagai bentuk dukungan untuk akun favorit mereka.

Dalam pengumumannya, fitur ini sekarang hadir dengan lebih banyak pilihan pembayaran, termasuk dengan mata uang kripto. Menurut Product Lead for Creator Monetization di Twitter, Esther Crawford, beberapa orang saat ini bisa menautkan profil pembayaran ke bio dan tweet mereka.

Esther menuliskan, fitur ini membantu pengguna untuk memberi tip pada akun favorit mereka di Twitter. Mulai dari akun favorit yang dikagumi pendapatnya, kreator konten komedi lewat kicauannya, membantu pemilik usaha kecil, hingga berdonasi.

"Apa pun yang ingin Anda dukung (dan kami tahu Anda sudah memiliki ide memberikan tip untuk beberapa hal), Tips hadir untuk membantu Anda melakukannya," tulis Esther seperti dikutip dari blog Twitter, Jumat (24/9/2021).

Fitur ini akan lebih dulu hadir untuk pengguna di iOS, baru hadir untuk pengguna Android dalam beberapa minggu mendatang. Nantinya, akan ada ikon menyerupai uang dolar di profil yang menandakan akun tersebut sudah mendukung fitur Tips.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Twitter dkk