Sukses

4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Bisa Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta - Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting yang kini mulai banyak dipakai pengguna smartphone. Per awal 2021, jumlah pengguna Telegram disebut telah mencapai 500 juta di seluruh dunia.

Menurut Telegram, jumlah pengguna yang kian besar itu tidak lepas dari publik yang kian menyadari pentingnya data pribadi. Seperti diketahui, keamanan menjadi salah satu fitur utama yang ditawarkan aplikasi chatting ini.

Namun tidak hanya keamanan, aplikasi chatting ini juga terus menghadirkan sejumlah fitur baru bagi para penggunanya. Beragam fitur ini disebut sebagai pembeda Telegram dengan aplikasi serupa lainnya.

Mengingat fitur yang terus bertambah, tidak seluruh pengguna mengetahui fitur yang ada di aplikasi ini.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan membagikan deretan fitur rahasia yang menarik di Telegram, seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (11/10/2021).

1. Cara Teman Baru di Fitur Find People by Location

Pengguna Telegram dapat memanfaatkan fitur ini untuk menemukan grup atau teman baru yang baru di lokasi sekitarnya.

Pengguna tinggal masuk ke tab Contacts dan izinkan lokasi menyala untuk mulai memanfaatkan fitur ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Fitur Lain di Telegram

2. Atur Pesan Masuk di Grup dengan Fitur Slow Mode

Telegram juga hadir dengan fitur Group Chat yang memungkinkan komunikasi dalam kelompok lebih mudah. Karenanya, tidak jarang pengguna memiliki beberapa Group Chat dalam percakapannya.

Kehadiran fitur ini memang memudahkan, tapi di satu sisi juga sangat akan sangat riuh apabila ada banyak percakapan dalam beberapa Group Chat. Nah untuk mengatasi hal, Telegram memiliki fitur Slow Mode yang ditujukan bagi admin grup.

Dengan fitur ini, admin dapat menjadwalkan waktu bagi anggota grup mereka jika ingin mengirimkan pesan. Fitur ini dapat diakses ke menu grup, lalu pilih Edit, Permissions, dan pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

 

3 dari 5 halaman

3. Rekam Video Meeting yang Ada di Telegram

Situasi pandemi harus diakui telah mengubah cara berkomunikasi. Saat ini, video conference menjadi salah satu opsi yang dipilih untuk melakukan komunikasi jarak jauh, baik untuk pekerjaan, sekolah, hingga sekadar mengobrol dengan teman.

Fitur serupa juga sudah di Telegram dan dapat dipakai para pengguna. Bahkan, pengguna dapat menjadwalkan online meeting melalui grup, termasuk merekam dan membagikannya kembali ke orang lain.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal mengklik tombol chat dan tekan tombol mikrofon. Namun sebelum menggunakan fitur ini, pastikan sudah memberikan izin pada aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

4 dari 5 halaman

4. Hindari Kehilangan Data dengan Fitur Private Channel

Seperti diketahui, Telegram memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respons dari para anggota di channel tersebut. Namun, fitur channel ini dapat diakses secara umum oleh publik.

Nah untuk pengguna yang ingin memanfaatkan fitur channel yang lebih privat, Telegram pun menghadirkan Private Channel. Lewat fitur ini, pengguna dapat menyimpan data atau pesan penting.

Cara membuat Private Channel ini berbeda di tiap perangkat. Untuk itu, berikut ini adalah cara singkat mengaktifkan Private Channel di perangkat berbeda.

  1. iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel
  2. Android: Masuk ke tab Chats, klik simbol pensil dan pilih 'New Channel' dari daftar pilihan yang tersedia.
  3. Desktop : Ketuk menu hamburger di sudut kiri atas dan pilih opsi New Channel.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis 11 Aplikasi untuk Konsultasi Online dan Obat Gratis Pasien Isolasi Mandiri Covid-19