Sukses

Ultah ke-37, Bos Telegram Pavel Durov Sebut Tidur Bisa Dorong Kreativitas

Merayakan ulang tahunnya yang ke-37, pendiri Telegram Pavel Durov mengungkapkan tiga hal yang diremehkan dalam hidup, dan tujuh hal yang dinilai terlalu tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri yang juga saat ini menjabat sebagai CEO Telegram, Pavel Durov, pada 10 Oktober kemarin merayakan ulang tahunnya yang ke 37.

Lewat saluran Telegram resminya, Durov's Channel, Pavel Durov menyusun daftar tiga hal yang sering diremehkan dalam hidup, serta tujuh hal yang dinilai terlalu tinggi.

"Dengan saya yang menjadi 37 (tahun), saya menyusun daftar tiga hal yang diremehkan dan tujuh hal yang dinilai berlebihan dalam hidup," kata Durov.

Dikutip dari pesan yang diterima Tekno Liputan6.com pada Senin (11/10/2021) tersebut, hal yang kerap diremehkan pertama adalah tidur.

"Tidur memberikan dorongan untuk kekebalan, kreativitas, dan kesejahteraan psikologis," katanya.

Selain itu, hal kedua yang diremehkan dalam kehidupan menurut Durov adalah alam.

"Alam adalah lingkungan tempat kita secara biologis dirancang untuk merasa nyaman," ujar pria yang juga pendiri jejaring sosial Rusia, VK, tersebut.

Ketiga adalah kesendirian, yang menurutnya menawarkan kebebasan untuk membuat terobosan spiritual dan intelektual.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7 Hal dalam Hidup yang Dinilai Terlalu Tinggi

Sementara itu, Durov juga memiliki daftar tujuh hal dalam kehidupan yang menurutnya dinilai terlalu tinggi.

Dalam daftar hal yang dinilai berlebihan pertamanya adalah Durov merasa bahwa kota-kota besar adalah sumber polusi, kejahatan, dan kebisingan.

"Adalah baik untuk memiliki akses ke sumber daya mereka, tetapi disarankan untuk tinggal di luar perbatasan," katanya.

Kedua adalah restoran yang menurut Durov, menawarkan cara makan yang paling lambat dan tidak efisien.

"Memasak di rumah memungkinkan pola makan yang lebih sehat dan kontrol yang lebih besar atas bahan-bahan," katanya.

Bagi Durov, cuaca panas juga dianggap terlalu ditinggikan oleh orang-orang.

Ia mengatakan, cuaca cerah tidak hanya bisa menyebabkan rasa lemah, tetapi juga risiko kanker dan penuaan yang lebih cepat. Durov mengklaim, suhu yang lebih dingin "memperjelas jiwa, tubuh, dan pikiran." 

3 dari 4 halaman

Fesyen dan Media Sosial

Fesyen juga masuk dalam nomor empat dari daftar sesuatu yang dinilai berlebihan oleh Durov.

"Pencarian tanpa akhir untuk menyesuaikan diri dengan tren yang selalu berubah itu mahal dan tidak perlu," tulisnya

Dia mengatakan, berfokus pada pakaian yang nyaman dan membuat hidup lebih sederhana serta membebaskan ruang untuk hal-hal yang penting.

Real estate juga masuk ke dalam daftar tersebut. Durov menyebut, membeli real estate sering membatasi pilihan seseorang dan merupakan investasi yang dipertanyakan.

"Menyewa memberikan lebih banyak kebebasan untuk bergerak dan menjelajahi lokasi yang berbeda," katanya

Selain itu, Durov dengan tegas mengatakan bahwa "aliran sampah yang tak henti-hentinya mengotori pikiran kita dari media sosial" membuat kebahagiaan dan kreativitas menurun.

"Memutuskan sambungan dari layanan internet ini adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan di hari tertentu," Durov menyarankan.

Terakhir adalah saran selebritas. Durov mengatakan, orang terkenal sering memberikan nasihat yang tidak beralasan di luar bidang keahliannya. Menurutnya, untuk semua hal penting dalam hidup lebih baik mengandalkan sains dan pendapat ahli.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.