Sukses

Solusi IoT Telkomsel Bantu Jaga Kualitas Vaksin di Puskemas

Telkomsel berkolaborasi dengan UNDP dan Kemenkes menghadirkan aplikasi SMILE yang terintegrasi dengan solusi IoT Telkomsel, yakni Asset Performance Management.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel baru saja mengumumkan kolaborasi dengan UNDP dan Kementerian Kesehatan. Kolaborasi ini menghadirkan solusi cerdas yang memudahkan Kemenkes menjaga kualitas vaksin termasuk vaksin Covid-19 agar tetap dalam kondisi terbaik saat diberikan pada masyarakat.

Adapun kolaborasi ini dilakukan lewat aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE). Jadi, aplikasi tersebut terintegrasi dengan solusi Internet of Things milik Telkomsel, yakni Asset Performance Management.

"Kami menatap optimistis upaya kolaboratif ini untuk terus membuka lebih banyak peluang akan pemanfaatan teknologi terkini di berbagai bidang, termasuk kesehatan.," tutur VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (23/8/2021).

Solusi ini membantu puskesmas untuk melakukan pengawasan temperatur dan kelembapan lemari pendingin tempat penyimpanan vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Kehadiran solusi ini diharapkan pula dapat membantu mentransformasi metode pengawasan yang beberapa diantaranya masih dilakukan manual oleh petugas.

Adapun solusi Asset Performance Management dari Telkomsel bekerja melalui sensor yang terhubung dengan konektivas internet. Sensor itu ditempatkan di lokasi penyimpanan aset yang diawasi dan akan memberikan informasi, seperti suhu dan kelembapan secara real-time.

Nantinya, informasi tersebut dapat diakses pihak Puskesmas melalui online dashboard yang terintegrasi. Selain memberikan informasi yang komprehensif, ada pula fitur pengingat yang akan memberikan notifikasi apabila terjadi anomali.

"Kami berharap, pemanfaatan teknologi IoT melalui solusi Asset Performance Management dapat membantu pemerintah dan segenap pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan upaya pemulihan bangsa dari dampak COVID-19," tutur Alfian menutup pernyataannya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telkomsel Rilis IoT Envion, Solusi untuk Dukung Sistem Manajemen Energi Korporasi

Sebelumnya, Telkomsel meluncurkan solusi layanan digital IoT Envion untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

Layanan IoT Envion ini merupakan solusi berbasis AI yang mendukung otomatisasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Layanan ini dapat memberikan peringatan dan memiliki fungsi mitigasi, sehingga konsumsi energi bisa dioptimalkan oleh perusahaan jika ada kerusakan pada genset atau cadangan baterai.

Peluncuran Telkomsel IoT Envion ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel dengan Telkominfra, yang akan menggunakan solusi Telkomsel IoT Envion untuk kebutuhan dukungan data center perusahaan.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan, kehadiran soslusi IoT Envion seiring dengan upaya aktif pemerintah mengakselerasi transformasi menuju Industri 4.0.

"Kami menghadirkan Telkomsel IoT Envion sebagai solusi digital masa depan terbaru bagi perusahaan yang memiliki ketergantungan akan pasokan listrik sebagai sumber energi. Telkomsel IoT Envion dilengkapi dengan fitur unggulan yang secara otomatis dapat memantau konsumsi energi," kata Hendri, Jumat (13/8/2021).

Pada tahap awal, implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkominfra dalam mengoptimalkan teknologi digital serta akses konektivitas dengan mendorong pemanfaatan energi yang tepat guna.

3 dari 3 halaman

Harga Kompetitif

Direktur Utama Telkominfra, Bastian Sembiring, mengatakan bahwa Telkominfra sebagai perusahaan layanan engineering banyak melayani kebutuhan operasional berbagai operator dengan lokasi site yang tersebar di seluruh Indonesia menyambut baik inovasi bisnis Telkomsel IoT Envion.

"Kolaborasi ini telah membawa manfaat serta keuntungan bagi kami dari segi teknologi dan pemanfaatan energi yang tepat guna. Sejauh ini Telkominfra menggunakan product Telkomsel IoT Envion untuk mendukung operasional project Power Solution dan Infra Network Services dengan hasil yang cukup baik," katanya.

Tidak hanya kualitas, Bastian mengatakan, harga yang ditawarkan untuk menggunakan layanan ini pun dinilai kompetitif.

Dalam pemanfaatan solusi Telkomsel IoT Envion untuk operasional Telkominfra, Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center Telkominfra yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkominfra secara realtime hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.