Sukses

Tokopedia Jadi E-commerce dengan Kunjungan Paling Banyak di Semester 1 2021

Berdasarkan data terbaru Similiarweb, Tokopedia ternyata menjadi platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data terbaru dari Similiarweb periode Januari-Juni 2021, Tokopedia ternyata menjadi platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. Setiap bulannya, Tokopedia dikunjungi 132,8 juta kali.

Sementara menyusul di bawahnya secara berurutan ada Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Similiarweb mencatat Shopee mengantongi kunjungan bulanan 116 juta kali, sedangkan Bukalapak 28,9 juta kali.

Adapun pengunjung bulanan Lazada mencapai 25,69 juta kali dan Blibli dengan 17,98 juta kunjungan untuk periode yang sama.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (6/8/2021), setiap bulan sejak Januari hingga Juni 2021, Tokopedia memang selalu berada di puncak platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi.

Tingginya minta masyarakat mengunjungi dan berbelanja online ikut mendorong peningkatan nilai transaksi.

"Mendorong peningkatan nilai transaksi e-commerce sepanjang semester 1-2021 sebesar 63,4 persen menjadi Rp 186,7 triliun," tulis laporan tesebut.

Dengan peningkatan tersebut, BI memperkirakan hingga akhir 2021 transaksi e-commerce dapat meningkat 48,4 persen menjadi Rp 395 triliun. Gubernur BI, Perry Warjiyo bahkan menyebut peningkatan transaksi ini banyak terjadi pada pedagang ritel yang juga merupakan UMKM.

Peningkatan transaksi saat ini juga kebanyakan memakai uang elektronik dalam transaksi pembayaran. Karenanya, transaksi uang elektronik pada paruh pertama tahun ini tumbuh 41 persen mencapai Rp 132 triliun, dan diperkirakan mencapai Rp 278 triliun di akhir tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gojek, Tokopedia, dan GoPay Beri Layanan Gratis Setahun ke Kontingen Olimpiade Tokyo 2020

Di sisi lain, Gojek, Tokopedia, dan GoPay mengungkapkan rasa terima kasih untuk para atlet, para pelatih dan tim ofisial Indonesia yang telah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebagai bentuk apresiasi, Gojek dan Tokopedia akan memberikan layanan gratis selama satu tahun tidak hanya untuk atlet Indonesia saja, melainkan juga para pelatih dan tim ofisial.

Selamat kepada seluruh putra-putri terbaik bangsa, dan terima kasih karena telah menunjukkan keteguhan, komitmen kuat, kolaborasi yang baik dan semangat gotong royong dalam mengharumkan nama bangsa," tutur Co-Founder dan CEO Gojek, Kevin Aluwi, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (5/8/2021).

3 dari 3 halaman

Apresiasi Gojek, Tokopedia, dan GoPay

Adapun tim Indonesia di Olimpiade Tokyo berjumlah 76 anggota, termasuk atlet, pelatih, dokter, ahli nutrisi hingga fisioterapis. Apresiasi dari Gojek, Tokopedia, dan GoPay ini disebut bernilai lebih dari Rp 5 miliar dengan daftar lengkapnya, sebagai berikut:

  1. Voucher GoFood senilai Rp 1 juta setiap bulan
  2. Voucher GoSend senilai Rp 1 juta setiap bulan
  3. Voucher layanan GoCar senilai Rp 1 juta setiap bulan
  4. Top up saldo GoPay senilai Rp 1 juta setiap bulan
  5. Peningkatkan keanggotaan GoClub (program loyalitas Gojek) menjadi Anak Sultan
  6. Peningkatan level TokoPoints (program loyalitas Tokopedia) menjadi Diamond dengan manfaat bebas ongkir

"Di tengah pandemi seperti ini, perjuangan dan keberhasilan para atlet Indonesia menjadi suntikan semangat dan harapan tersendiri bagi seluruh masyarakat. Angin segar yang mengajak kita untuk bangkit bersama," tutur Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.