Sukses

Sambut Hari Game Indonesia, Tokopedia Berbagi 5 Game Lokal Pilihan

Berkolaborasi dengan Kemenparekraf, Tokopedia menghadirkan kampanye #BeliGameLokal sambut Hari Game Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia bersama Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) berkolaborasi menyambut Hari Game Indonesia pada 8 Agustus 2021. Kolaborasi ini hadir dengan kampanye #BeliGameLokal yang berlangsung mulai 2 hingga 8 Agustus 2021 sebagai bagian dari rangkaian Baparekraf Game Prime 2021 Online.

"Melalui kampanye #BeliGameLokal di Tokopedia, para peminat game dapat menikmati berbagai promo menarik untuk pembelian voucher game lokal sekaligus mendorong pemerataan ekonomi kreatif secara digital," tutur External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, Tokopedia sebagai salah satu platform digital yang mendukung kampanye #BeliGameLokal, menawarkan berbagai nilai tambah pada penggemar game lokal, seperti potongan harga hingga Rp 100.000 dengan menggunakan kode promo GAMELOKAL.

"Tokopedia berharap hadirnya kampanye #BeliGameLokal dapat menginspirasi lebih banyak lagi pengembang game lokal dalam berinovasi agar dapat semakin dikenal sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga akan produk dan karya buatan Indonesia," tutur Ekhel.

Tidak hanya menghadirkan promo, Tokopedia juga merekomendasikan lima game lokal yang berpartisipasi pada kampanye #BeliGameLokal. Apa saja game tersebut? Berikut ini daftar lengkapnya:

1. DreadOut 2 : Game yang rilis pada Februari 2020 ini berlatar belakang cerita horor Indonesia tentang sekelompok pelajar yang terjebak di sekolah berhantu. DreadOut 2 merupakan lanjutan dari seri pertama yang rilis pada 2014 dan sempat dijadikan film layar lebar pada 2019.

2. Coffe Talk : game besutan studio Toge Productions yang rilis pada Juni 2020 ini berhasil menjadi salah satu nominasi dalam penghargaan industri game tingkat global, D.I.C.E Awards ke-24. Dalam game ini, pemain bisa menemukan resep minuma khas Indonesia, seperti teh tarik, STMJ, hingga jahe tubruk.

3. Ghost Parade : Sesuai judulnya, game yang diluncurkan pada November 2019 ini mengusung tema hantu. Dikembangkan Lentera Studio dengan publisher Aksys Games, game ini menawarkan artwork dan desain menarik.

4. MagiCat : Terinspirasi dari game retro era 16-bit, MagiCat menampilkan kucing ajaib lucu yang melakukan petualangan. Game ini besutan pengembang Kucing Rembes ini menawarkan pertempuran unik di tiap level.

5. Escape from Naraka : Game yang rilis pada Juli 2021 untuk Indonesia dan Asia ini mengangkat tema budaya mitologi Bali. Game besutan Xelo Games asal Yogyakarta ini mengharuskan pemain melewati berbagai tahapan pada kuil menyeramkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tokopedia Hadirkan 2 Inisatif Dukung Program Kampus Merdeka

Sebelumnya, Tokopedia baru saja mengumumkan dua inisiatif untuk mendukung Program Kampus Merdeka yang dibuat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adapun dua inisiatif yang dihadirkan startup unicorn ini adalah Progam Magang Bersertifikat dan Hackathon Devcamp.

Dua inisiatif ini diungkapkan langsung oleh CEO and Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, saat diskusi Festival Kampus Merdeka 2021 bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, Nadiem A. Makarim, bersama perwakilan akademisi dan pelaku industri lainnya.

“Umumnya, perusahaan teknologi harus kembali melatih talenta sesuai dengan perkembangan industri yang begitu cepat dan dinamis. Di sisi lain, kita semua berlomba meluncurkan inovasi terbaik sehingga waktu menjadi sangat berharga dan dibutuhkan kolaborasi dari seluruh pihak. Inilah yang menjadi motivasi utama Tokopedia bergabung dalam program Kampus Merdeka," tutur William.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (19/6/2021), sesuai namanya, inisiatif Program Magang Bersertifikat yang diadakan Tokopedia merupakan program magang yang tersedia untuk tiga bidang. Salah satunya adalah software engineering meliputi inovasi di bidang machine learning maupun artificial intelligence.

Selain itu, ada juga program magang marketing bagi talenta yang tertarik mendalami ilmu komunikasi, media sosial, dan pemasaran. Sementara talenta yang ingin memperluas pengalaman mengenai strategi dan operasional perusahaan bisa bergabung di program magang business development.

3 dari 3 halaman

Program Hackathon Devcamp

Lalu untuk Hackathon Devcamp, program ini merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu singkat. Pemenang Hackathon Devcamp ini akan langsung ditawarkan bergabung dalam Tokopedia secara permanen.

Presiden Joko Widodo yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan Kampus Merdeka akan menjadi percepatan persiapan talenta Indonesia. Ini merupakan strategi talent boosting yang harus didukung dan membutuhkan kolaborasi dari semaunya, mulai dari kampus, mahasiswa, termasuk pelaku industri.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem A. Makarim mengatakan program Kampus Merdeka ini memberikan kesempatan bagi puluhan ribu mahasiswa belajar pengalaman di luar kampus, mengingat proses pembelajaran bisa terjadi di mana saja dan dengan siapa saja.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.