Sukses

YouTube Uji Coba Paket Premium yang Lebih Murah

Liputan6.com, Jakarta - YouTube Premium biasanya tidak hanya sekadar menawarkan layanan tanpa iklan, tetapi juga beberapa fitur tambahan. Namun baru-baru ini, YouTube dikabarkan sedang menguji Premium Lite yang disebut-sebut akan lebih murah.

Fitur ini pertama kali dilaporkan oleh seorang pengguna forum ResetEra yang menyebut dia menemukan adanya paket baru Premium Lite. Hal ini akhirnya dikonfirmasi oleh YouTube.

Mengutip The Verge, Selasa (3/8/2021), YouTube memang sedang menawarkan pengujian untuk Premium Lite. Hanya saja, layanan ini baru diuji di beberapa negara Eropa yaitu Belgia, Denmark, Finlandia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, dan Swedia.

"Di Nordik dan Benelux (kecuali Islandia), kami menguji penawaran baru untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna," kata YouTube dalam sebuah pernyataan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Premium Lite

Youtube mengungkapkan, Premium Lite akan dihargai 6,99 euro per bulan atau sekitar Rp 119 ribu. Sementara, paket YouTube Premium standar di Eropa dihargai 11,99 euro atau sekitar Rp 204 ribu.

Umumnya, YouTube Premium memiliki beberapa fitur selain bebas iklan seperti pemutaran di latar belakang atau unduhan offline.

Namun, Premium Lite hanya mencakup penayangan tanpa iklan di seluruh aplikasi YouTube baik di web, iOS, Android, Smart TV, dan konsol gim. Mereka juga tidak memiliki keuntungan lain seperti mendengarkan YouTube Music tanpa iklan.

3 dari 4 halaman

Baru Uji Coba

Dilaporkan Gizmodo, situs YoTtube Premium Lite sudah bisa diakses di youtube.com/premiumlite. Namun apabila kamu menggunakan alamat IP di luar wilayah uji coba, layar hanya menunjukkan bahwa layanan belum tersedia.

YouTube mengatakan bahwa langganan Premium Lite saat ini masih sebatas percobaan. Mereka juga mempertimbangkan untuk merilis lebih banyak rencana berdasarkan masukan dari audiens.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian