Sukses

Apple Segera Setop Produksi iPhone 12 Mini karena Tak Laku?

Liputan6.com, Jakarta - Produksi iPhone 12 diperkirakan akan berlanjut hingga 2022, seiring dengan kehadiran iPhone 13. Namun, tidak demikian dengan iPhone 12 Mini.

Menurut sebuah laporan kinerja, penjualan iPhone 12 Mini tak terlalu baik. Laporan terbaru juga mengklaim, produksi iPhone 12 Mini pun berakhir pada kuartal ini.

Laporan TrendForce mengklaim, iPhone 12 Mini dengan ukuran 5,4 inci itu memasuki status "End-of-life" lebih awal pada kuartal ini. Penyebabnya karena angka penjualannya yang lemah.

Mengutip Phone Arena, Selasa (22/6/2021), Apple telah menghentikan produksi iPhone 12 Mini secara permanen. Perusahaan masih akan tetap menjual stok iPhone 12 Mini yang masih ada hingga bulan-bulan ke depan.

Saat ini, iPhone 12 Mini masih tersedia di Apple.com. Sementara iPhone 13 rencananya dirilis pada September mendatang.

2 dari 3 halaman

Apple Belum Konfirmasi

Apple belum mengkonfirmasi kabar dihentikannya produksi iPhone 12 Mini. Namun berdasarkan laporan riset yang dipublikasikan Februari lalu oleh JP Morgan, Apple memang berencana menghentikan produksi iPhone 12 Mini, suatu saat di kuartal kedua atau ketiga 2021.

Tak hanya iPhone 12 Mini, jika sudah ada iPhone 13, Apple mungkin segera menghentikan produksi iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max, juga iPhone XR.

Meski iPhone 12 Mini dihentikan produksinya, kemungkinan Apple merencanakan penerus iPhone 12 Mini dalam bentuk iPhone 13 Mini.

Model Mini memang disebut-sebut tak terlalu membuahkan kinerja penjualan yang baik.

Melihat hal tersebut, Apple mungkin secara aktif mendorong model iPhone yang berukuran lebih besar alih-alih menyiapkan banyak stok iPhone versi Mini.

3 dari 3 halaman

iPhone 12 Mini

Laporan sebelumnya mengungkap, Apple masih tetap akan merilis versi iPhone 13 Mini meski iPhone 12 Mini tak begitu baik penjualannya. 

Kabar tentang penghentian produksi iPhone 12 Mini sudah dibicarakan sejak Maret lalu. Saat itu leakster Jon Prosser mengatakan Apple akan menghentikan produksi iPhone 12 Mini pada kuartal 2 2021. 

Kendati demikian, leakster yang memiliki saluran YouTube itu juga menyebut, keputusan menghentikan produksi iPhone 12 Mini bukan berarti membuat perusahaan setop menjualnya. Pasalnya, Apple bisa saja memproduksi kembali iPhone 12 Mini kapan pun.

Ada juga kemungkinan, alasan Apple menghentikan produksi iPhone 12 Mini karena perusahaan mungkin sudah mencapai target permintaan iPhone 12 Mini.

(Tin/Isk)