Sukses

Sony Batal Tutup Layanan PlayStation Store untuk PS3 dan PS Vita

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru ini memutuskan untuk batal menutup layanan PlayStation Store untuk konsol PS3 dan PS Vita pada Juli dan Agustus 2021.

Karena ini, gamer tetap dapat membeli gim digital PS3 dan PS Vita lewat PlayStation Store di masing-masing konsol hingga waktu yang belum ditentukan.

Akan tetapi, Sony tetap melanjutkan rencananya untuk menutup PlayStation Store di PSP pada 2 Juli 2021.

Setelah melewati tanggal yang ditentukan, gamer tetap masih bisa mengunduh gim-gim PSP yang sudah dibeli sebelumnya.

"Setelah merundingkan lebih dalam rencana penutupan toko digital PS3 dan Vita, kami sadar telah membuat keputusan yang salah," tulis Jim Ryan, Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, dalam blog perusahaan, Selasa (20/4/2021).

 

2 dari 3 halaman

Alasan PlayStation Store PS3 dan Vita Ditutup

PlayStation Store gelar diskon gede-gedean bersamaan dengan acara Tokyo Game Show 2019. (Doc: Sony Interactive Entertainment)

Dia menambahkan, Sony awalnya memutuskan untuk menutup PlayStation Store di PS3 dan Vita karena beberapa alasan, seperti ingin lebih fokus pada platform PS4 dan PS5 yang banyak pemainnya saat ini.

"Kami melihat banyak dari gamer yang sangat bersemangat untuk dapat terus membeli gim klasik di PS3 dan PS Vita di masa mendatang, jadi saya senang kami dapat menemukan solusi agar tetap beroperasi," tambah Jim Ryan.

 

3 dari 3 halaman

Reaksi Gamer Setia PlayStation

PlayStation4 mampu meraih angka penjualan 18,5 juta unit dalam waktu 14 bulan dan mengalahkan rekor penjualan PS2 dalam sejarah PlayStation

Sejak mengumumkan keputusan tersebut pada Maret 2021, banyak gamer setia PlayStation yang merasa tindakan Sony ini sangat mengecewakan dan tidak memperhatikan pemain PS3 dan PS Vita.

Toh gim-gim di PS3 dan Vita tidak bisa dimainkan di konsol PS4 atau PS5, kecuali mereka muncul di PlayStation Now atau merilis ulang di PS4.

(Ysl/Tin)