Sukses

Sony Bakal Tutup Layanan PlayStation Store untuk PS3, PSP dan PS Vita

Baru-baru ini, Sony dilaporkan bakal menutup layanan PlayStation Store untuk PS3, PSP dan PS Vita pada 2021 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sony dilaporkan bakal menutup layanan PlayStation Store di PS3, PSP, dan PS Vita untuk selamanya pada Juli dan Agustus 2021.

Karena hal itu, seluruh gim digital yang terpampang di toko digital milik Sony tidak akan bisa dibeli lagi sejak bulan tersebut.

Menurut sumber anonim kepada TheGamer, Selasa (23/3/2021), Sony terindikasi akan menutup layanan PlayStation Store untuk PS3, PSP, dan PS Vita pada musim panas tahun ini.

Dijelaskan lebih lanjut, PlayStation Store untuk PS3 dan PSP akan ditutup pada 2 Juli, sementara itu Sony baru akan menutup toko digital PS Vita tersebut pada 27 Agustus 2021.

Setelah PlayStation Store resmi ditutup, seluruh judul gim digital hingga DLC di PS3, PSP, dan PS Vita tidak akan bisa lagi diakses dan dibeli.

Sayang, masih belum diketahui apakah nanti Sony akan memberikan opsi terpisah bagi gamer yang sudah membeli gim untuk konsol dan handheld PlayStation itu dapat mengunduh ulang.

Sony sendiri hingga kini belum mengonfirmasi kabar penutupan layanan PlayStation Store tersebut, namun beberapa sumber menyebutkan perusahaan akan mengumumkan kabar itu pada akhir bulan ini atau awal bulan depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Bisa di Akses via web PlayStation Store

PlayStation Store gelar diskon gede-gedean bersamaan dengan acara Tokyo Game Show 2019. (Doc: Sony Interactive Entertainment)

Lebih lanjut, gim-gim PS Vita dan PS3 saat ini memang hanya bisa diakses melalui aplikasi PlayStation Store di dalam perangkat konsol dan handheld tersebut.

Hal ini terjadi sejak Sony meng-update tampilan situs PlayStation Store pada Oktober 2020.

Perusahaan asal Jepang itu juga secara bertahap menghentikan produksi PS3 di beberapa wilayah sejak 2015 dan 2016, dan resmi setop produksi pada Mei 2017.

3 dari 3 halaman

Sony Setop Penjualan Film dan Serial TV

Harga PS4 Pro? (Doc: Engadget)

Di samping itu, Sony juga baru-baru ini mengumumkan tidak lagi melanjutkan penjualan maupun penyewaan konten video di PlayStation Store. Penyetopan ini berlaku untuk konten film maupun serial TV.

Dikutip dari Polygon, Rabu (3/3/2021), pemberlakuan pemberhentian ini dimulai sejak 31 Agustus 2021. Karenanya, konten yang sudah dibeli sebelum 31 Agustus 2021 tidak akan terpengaruh.

Sony pun menjamin konten film atau serial TV yang sudah dibeli pengguna di PlayStation Store masih dapat ditonton di PlayStation 4, PlayStation 5, maupun perangkat mobile.

(Ysl/Why)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini