Sukses

PS5 Pecahkan Rekor Penjualan Konsol Tercepat di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Sejak penjualan PlayStation 5 (PS5), konsol teranyar milik Sony ini memang selalu menggundang banyak perhatian dari berbagai penjuru dunia.

Kabar terbaru, PS5 menjadi konsol dengan penjualan tercepat dalam sejarah Amerika Serikat (AS) dari segi jumlah unit dan harga yang dikumpulkan. Data ini dikeluarkan oleh analis ritel The NPD Group.

Capaian ini bisa dibilang salah satu yang positif, mengingat banyak rintangan yang perlu dilalui Sony terkait penjualan konsol PS5 ini di pasaran.

Adapun beberapa hal tersebut, termasuk dari stok chipset secara global berkurang sehingga menghambat pasokan, sampai dengan langkanya konsol PS5 di pasaran karena diborong oleh calo dan bot.

Dikutip dari Gizmodo, Senin (19/4/2021), Direktur Eksekutif The NPD Group, Mat Piscatella, menyebut Sony berhasil menjual konsol PS5 paling banyak dibanding dengan konsol lain dalam lima bulan pertama di AS.

PS5 mencetak rekor untuk platform perangkat keras dengan penjualan tercepat di sejarah AS dalam total penjualan,” katanya.

 

2 dari 2 halaman

Belanja Gim Meningkat

Namun, ia tidak menerangkan angka pasti penjualan yang sukses Sony dapatkan. Yang pasti, Ia menilai terjadi peningkatan pada segi belanja konsumen pada sektor video gim selama satu tahun ini.

Sebagai contoh, pada kuartal pertama 2021, orang amerika menghabiskan USD 14,9 milyar untuk perangkat, konten, dan aksesori gim.

“Ini meningkat sebesar 30 persen dibandingkan dengan kuartal pertama 2020,” pungkasnya.

Di sisi lain, Nintendo Switch juga mengalami peningkatan cukup baik, dengan menduduki posisi pertama dalam kategori konsol terlaris pada Maret 2021.