Sukses

Kompetisi Komik Jaga Privasimu Hasilkan 5 Pemenang Utama

Google berkerja sama dengan Kominfo, BSSN, Siberkreasi, ID-IGF, IGF Youth dan ICT Watch ingin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga keamanan & privasi ketika menggunakan internet melalui kompetisi komik #JagaPrivasimu

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi komik bertajuk #JagaPrivasimu telah menghasilkan 5 pemenang utama. Mereka adalah Aulia Azziawaty (kreavi.com/mgw18), Ayub S. Albana (kreavi.com/ophanda), Nucky Artha (kreavi.com/nuckyeah), Febryan Prasetyo (kreavi.com/Febryanp), dan Salma Syahidah (kreavi.com/salmasya).

"Google berkerja sama dengan Kominfo, BSSN, Siberkreasi, ID-IGF, IGF Youth dan ICT Watch ingin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga keamanan & privasi ketika menggunakan internet melalui kompetisi komik #JagaPrivasimu," ujar penyelenggara kompetisi.

Kelima komik pemenang utama itu dapat diakses dengan gratis di https://jagaprivasimu.kreavi.com/.

Terpantau, permasalahan yang menjadi latar belakang dari cerita komik ini sebetulnya hal-hal ringan tetapi suka diabaikan oleh pengguna layanan berbasis internet. Nucky Artha, misalnya, menulis komik berjudul "Aku, Kamu, dan Internet".

Pada halaman pertama komik tersebut, lulusan ITB itu memulai cerita komik dengan beberapa panel yang menceritakan bagaimana seorang penipu siber berpura-pura menjadi seseorang yang dikenal oleh korbannya.

Komik berjudul

Si penipu mencoba mengelabui targetnya dan menanyakan beberapa pertanyaan sensitif, seperti nama ibu, sekolah dasar, nomor rekening, dan lainnya. Padahal, pertanyaan seperti nama ibu sering kali dikaitkan dengan pertanyaan keamanan rekening bank. Sementara pertanyaan tentang sekolah dasar juga sering dijadikan pertanyaan keamanan atas akun layanan berbasis internet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan di dalam komik

Di bagian bawah panel pertama itu, Nucky pun menyampaikan pesan tentang kewaspadaan.

"Berhati-hatilah terhadap pesan yang meminta informasi pribadi dan tidak boleh membagikan data pribadi orang lain tanpa seizin orang tersebut," kata Nucky.

Pemenang lainnya

Selain 5 pemenang utama, kompetisi ini juga menghasilkan 10 pemenang terbaik dan 10 pemenang favorit. 

Dengan demikian, total ada 25 komik tentang privasi yang dapat dibaca masyarakat di halaman https://jagaprivasimu.kreavi.com/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini