Sukses

Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Grab Hadirkan Info Promo Liburan Aman dan Terjangkau

Grab merasa senang dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf, untuk mendukung industri pariwisata Tanah Air melalui inisiatif-inisiatif berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta Grab Indonesia ikut mendukung dan mendorong industri pariwisata di Tanah Air agar berdampak positif pada perekonomian Indonesia. Agar dampak positif dapat berkembang di masa pandemi, Grab bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf).

Ya, kerja sama super app terkemuka ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada Mei 2020 mengenai dukungan pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Kerja sama ini diharapkan mampu mendorong industri pariwisata yang mengutamakan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability atau Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan).

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengungkapkan bahwa Grab merasa senang dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf, untuk mendukung industri pariwisata Tanah Air melalui inisiatif-inisiatif berkelanjutan.

"Dengan misi GrabForGood, kami senantiasa menciptakan inovasi dan solusi yang dapat memberi dampak positif bagi semua orang. Lewat pemberdayaan para pelaku usaha pariwisata seperti mitra pengemudi hingga digitalisasi UMKM pariwisata," jelas Ridzki.

Selain itu, Grab Indonesia, lanjut Ridzki, juga terus hadir untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia dengan berpedoman pada protokol kesehatan berbasis CHSE.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Kegiatan Jangka Panjang

Pasca pertemuan daring antara Menparekraf dan Grab yang membahas berbagai potensi kolaborasi dengan Grab Indonesia yang akan difokuskan pada lima destinasi super prioritas. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Untuk mendukung berjalannya fungsi pariwisata di lima desinasi super prioritas, Grab dan Kemenparekraf pun membuat beberapa kegiatan jangka panjang, seperti:

1. Dukungan Sosialisasi CHSE

Grab dan Kemenparekraf akan berkolaborasi untuk melakukan sosialisasi sertifikasi mengenai CHSE kepada para mitra merchant GrabFood melalui aplikasi Grab Merchant. Tahap awal, lebih dari 450 mitra merchant Grab di Jabodetabek telah tersertifikasi dan merchant Grab lainnya di Indonesia akan segera menyusul.

Sertifikat ini sangat penting untuk kembali meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong kunjungan wisata Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Seluruh biaya untuk sertifikasi protokol kesehatan tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah.

2. Melatih Mitra Pengemudi GrabCar dan GrabBike Protect Rental

Bersama dengan Kemenparekraf, Grab akan melatih mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike Protect Rental yang ada di seluruh Indonesia, sehingga memiliki kemampuan dasar sebagai pemandu wisata.

Untuk diketahui GrabProtect merupakan layanan transportasi Grab baik roda empat maupun roda dua yang dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan terbaru yang menjadi standar terbaik dalam industri ride-hailing.

Di awal tahun 2020, Grab telah melatih 100 mitra GrabBike di Yogyakarta, agar dapat memberikan pelayanan sebagai pemandu wisata, baik dari segi komunikasi maupun pengetahuan. Program ini akan diperluas ke seluruh Indonesia secara bertahap.

3. Menghadirkan Informasi Paket Promo Liburan yang Aman dan Terjangkau

Bekerja sama dengan berbagai mitra di bidang pariwisata seperti Agoda, Booking.com, dan Klook untuk menghadirkan informasi paket wisata bagi wisatawan.

Jadi kamu dapat menemukan penawaran terbaik dan kemudahan dalam mencari aktivitas di destinasi wisata Indonesia. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mendukung pelaku usaha pariwisata lewat aktivitas menarik yang dapat ditemukan di aplikasi Grab.

4. Dukungan Lima Destinasi Super Prioritas

Pada tahun 2019, Grab meresmikan operasional Grab Toba dengan menghadirkan berbagai paket wisata menarik di sekitar Danau Toba. Grab Indonesia akan terus melanjutkan kerja sama strategis dengan Kemenparekraf dan pemerintah lokal.

Misalnya menghadirkan berbagai paket wisata di lima destinasi super prioritas, mulai dari mobilitas atau transportasi, hingga pesan-antar makanan, pemesanan hotel, tiket atraksi wisata, hingga layanan telemedicine untuk konsultasi kesehatan.

 

(*)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini