Sukses

Nvidia Bakal Rilis Geforce RTX 3060 pada Februari 2021

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar Nvidia akan merilis kartu grafis di jajaran seri 30-nya. Informasi sumber dari Wccftech, Rabu (27/1/2021) menyebutkan RTX 3060 akan diluncurkan pada akhir Februari 2021 mendatang.

Meski belum ada tanggal pasti, perilisan ini kemungkinan akan banyak berebut dengan calo. Geforce RTX 3060 sendiri digadang akan menggunakan memori grafis 12GB, dan menggunakan prosesor Samsung 8nm.

Seri ini dilengkapi fitur clock dasar 1320 MHz dan clock boost 1777 Mhz. Dengan jumlah inti CUDA 3584, GPU ini dapat mencapai tenaga puncak 12,7 TFLOP--yang hampir setara dengan flagship berbasis Turing yang lebih lama.

Jika dibandingkan dengan yang lebih dulu rilis seperti RTX 3060 Ti, seri yang akan rilis ini tentunya menawarkan memori grafis 4GB lebih besar. Selain itu dengan banderol harga yang disarankan lebih murah. Ini akan menjadi pilihan bagi para gamer.

Seperti diketahui, pada awal Januari lalu, Nvidia dikabarkan akan merilis RTX 3070 dan 3080 mode Super, bisa jadi 3060 ini adalah gantinya dari kedua model tersebut.

2 dari 3 halaman

Rencana Rilis 3070 dan 3080 Super

Gamer profesional asal Malang, Gisma Triayuda, yang memiliki nama inisial Melon. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum

Dikutip dari Wccftech, Selasa (5/1/2021) Nvidia mengonfirmasi bahwa pasokan akan lebih baik pada kuartal pertama 2021. Dengan begitu, saat ini mungkin menjadi waktu tepat bagi perusahaan untuk menyusun rencana lebih baik dalam merilis jajaran GeForce RTX "Super".

Soal harga, boleh jadi Nvidiaakan memberlakukan potongan harga pada versi produk yang sudah ada di pasaran dan menyetop produksinya untuk memberi ruang bagi versi baru, mirip dengan apa yang perusahaan terapkan pada generasi sebelumnya

Atau, perusahaan juga mungkin akan tetap mempertahankan kartu grafis yang sudah ada di pasaran dan menawarkan varian SUPER harga lebih tinggi.

Mengenai waktu peluncuran, belum ada informasi apa pun, tetapi ajang Computex atau Musim Panas 2021 mungkin akan menjadi waktu peluncuran, sama seperti lini GeForce RTX 20 SUPER pada tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Nvidia Bawa Kembali Fortnite ke iOS

Layanan cloud gaming Nvidia, GeForce Now, akhirnya tersedia dalam versi beta. Nantinya, layanan ini juga dapat diakses lewat browser Safari di iPhone atau iPad.

Kehadiran layanan ini di platform iPhone atau iPad kian menarik, sebab disebut akan menghadirkan kembali gim Fortnite di perangkat Apple. Seperti diketahui, gim Fortnite saat ini memang tidak bisa diakses di perangkat Apple karena ada masalah hukum.

Kendati demikian, Fortnite yang hadir di GeForce Now merupakan versi PC. Karenanya, untuk sekarang Epic Games dan Nvidia tengah bekerja sama untuk menghadirkan kontrol sentuh yang lebih baik ke gim tersebut.