Sukses

Nvidia Bawa Kembali Fortnite ke iOS Lewat GeForce Now

Liputan6.com, Jakarta - Layanan cloud gaming Nvidia, GeForce Now, akhirnya tersedia dalam versi beta. Nantinya, layanan ini juga dapat diakses lewat browser Safari di iPhone atau iPad.

Kehadiran layanan ini di platform iPhone atau iPad kian menarik, sebab disebut akan menghadirkan kembali gim Fortnite di perangkat Apple. Seperti diketahui, gim Fortnite saat ini memang tidak bisa diakses di perangkat Apple karena ada masalah hukum.

Kendati demikian, Fortnite yang hadir di GeForce Now merupakan versi PC. Karenanya, untuk sekarang Epic Games dan Nvidia tengah bekerja sama untuk menghadirkan kontrol sentuh yang lebih baik ke gim tersebut.

"Kami berharap dapat menghadirkan pengalami bermain Fortnite mobile dalam bentuk cloud-streaming yang didukung GeForce Now. Para anggota akan dapat mencari gim ini sebentar lagi di iOS Safari," tulis Kepala Nvidia GeForce Now, Phil Eisler dalam blog perusahaan.

Opsi yang dihadirkan Nvidia ini memang terbilang sedikit merepotkan, mengingat layanan GeForce Now dapat diakses dengan situs web. Namun cara ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna perangkat Apple untuk kembali bermain Fortnite.

Informasi soal kabar kembalinya Fortnite ke perangkat Apple ini pertama kali dilaporkan awal November 2020 oleh BBC. Hanya ketika itu, baik Epic Games dan Nvidia belum memberikan komentar terkait laporan tersebut.

2 dari 3 halaman

Gamer Tak Bisa Masuk ke Akun Epic Games Pakai Sign in with Apple

Sebagai informasi, Apple baru-baru ini menghapus akun pengembang gim Fornite, Epic Games dari layanan App Store mereka.

Tak hanya itu, perusahaan bentukan Steve Jobs juga akan mengakhiri akses ke layanan untuk login ke akun Epic Games melalui fitur Sign in with Apple.

Dikutip dari PC Gamer, Kamis (10/9/2020), fitur Sign in with Apple tidak akan bisa lagi dipakai untuk mengakses ke akun Epic Games dan sejumlah gim buatan pengembang per 11 September.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Epic Games. Lewat akun Twitter-nya, perusahaan meminta pemain memperbarui email dan password mereka bila memakai fitur milik Apple untuk mengakses akun Epic Games.

Perusahaan pun menawarkan tata cara bagaimana cara memperbarui akun email dan password pemain, agar tetap bisa mengakses akun Epic Games mereka dan bermain gim Fortnite.

3 dari 3 halaman

Apa itu Fitur Sign in with Apple

Lebih lanjut, Sign in with Apple adalah fitur yang memungkinkan pengguna perangkat Apple untuk masuk ke sebuah akun dan layanan berbekal Apple ID mereka.

Sama seperti opsi login Google dan Facebook, Apple menjanjikan privasi yang lebih baik dengan menawarkan pilihan dengan fitur Hide My Email.

Fitur tersebut diperkenalkan saat iOS 13 diluncurkan, dan aplikasi serta layanan yang ada di App Store pun sudah mengadopsinya sejak itu.

Sejak diblokir dari App Store, Epic Games menyebutkan, pemain Fortnite di iOS menurun lebih dari 60 persen dari total player di OS milik Apple itu.

"Dari total 350 juta player lintas platform gim, ada 116 juta gamer bermain gim Fortnite di perangkat iOS," jelas Epic Games, sebagaimana dikutip dari The Verge, Senin (7/9/2020).

Tak hanya itu, Epic Games pun berharap agar pengadilan dapat berlaku adil dan melihat tindakan Apple terhadap perusahaan.

(Dam/Ysl)