Sukses

3 Solusi untuk Panggilan Suara via WhatsApp Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta Miliaran orang di dunia sudah hampir pasti pernah menelepon lewat aplikasi olah pesan WhatsApp.

Namun, tak jarang sebagian di antara mereka mengalami kendala, salah satunya tak ada suara saat menelepon. Memang, boleh jadi ada berbagai faktor yang memengaruhi hal ini. Namun, kamu bisa 3 hal ini untuk mengatasi masalah itu.

Cek Mikrofon

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa mikrofon dan pengeras suara anda. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu sumber masalah, apakah pada apikasi WhatsApp atau ternyata pada mikrofon dan pengeras suara.

Coba kirim pesan suara ke kontakmu melalui chat dan dengarkan hasilnya. Jika tidak ada suaranya, coba rekam suara pada aplikasi lain seperti Voice Recorder atau Perekam Suara yang ada di smartphone kamu.

Kalau suara berhasil terekam di aplikasi Voice Recorder, bisa jadi masalah ini terletak pada aplikasi WhatsApp.

2 dari 3 halaman

Hapus Cache

Cache berguna sebagai penyimpan informasi sementara. Namun, semakin lama dibiarkan, cache akan menumpuk dan membuat beberapa fungsi dari aplikasi akan berhenti.

Selain itu, cache menjadi salah satu penyebab suara di WhatsApp tidak terdengar. Berikut ini cara menghapus cache pada WhatsApp

Pertama, buka setelan smartphone.

Lalu pilih opsi ‘Aplikasi’ dan gulir ke bawah sampai menemukan ‘WhatsApp’

Setelah mengetuk ‘WhatsApp’, kamu akan disuguhi informasi mengenai aplikasi, lalu masuk ke opsi ‘Penyimpanan’.

Kamu akan dihadapkan dua opsi, hapus data dan hapus cache. Silakan ketuk ‘hapus cache’. Jika kamu memilih opsi ‘hapus data’, secara otomatis segala data yang kamu punya yang berkaitan dengan WhatsApp akan terhapus dan akun kamu pun akan keluar (sign out).

 

3 dari 3 halaman

Tutup Paksa

Ini bisa jadi cara ampuh jika saat hapus cache masih belum terjadi perubahan. Tenang, kamu tidak perlu panik menghadapi ini. Pilih opsi ‘tutup paksa’ atau ‘force close’.

Langkah yang kamu lakukan hampir sama dengan menghapus cache. Pertama, silakan masuk ke setelan telepon.

Kemudian, pilih opsi ‘aplikasi’ dan ketuk ‘WhatsApp’.

Setelah keluar informasi mengenai aplikasi, pada sudut kanan bawah biasanya ada pilihan ‘force close’ atau ‘tutup paksa’. Selanjutnya, kamu akan diperingatkan soal tindakan ini, lalu pilih ‘ok’.

Perlu diingat, menutup paksa akan menghentikan penggunaan sistem oleh aplikasi WhatsApp. Hal ini memang dapat memutus beberapa hal seperti penggunaan data saat aplikasi tidak digunakan.

Setelah menggunakan cara-cara berikut, silakan coba kembali menelepon rekan anda. Semoga berhasil!

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba