Sukses

iPhone Bakal Dukung Fitur Multi Pengguna, Ini Detailnya

Liputan6.com, Jakarta - Apple tengah mengembangkan teknologi Secure Enclave yang memungkinkan banyak pengguna (multiple users) berbagi satu iPhone atau iPad (perangkat iOS) secara aman tanpa khawatir informasi pribadi bocor ke pengguna lain.

Secure Enclave merupakan paten baru yang diberikan kepada Apple, yang secara khusus memungkinkan lebih dari satu pengguna untuk menggunakan perangkat secara aman.

Mengingat Mac sudah memiliki dukungan multi pengguna, tujuan paten ini adalah untuk menghadirkan fungsionalitas tersebut ke iPhone dan iPad.

"Sebuah perangkat komputasi dapat menggunakan beberapa kode sandi dan kunci enkripsi terkait, di mana beberapa kode sandi atau kunci enkripsi dapat dikaitkan dengan setiap akun pengguna yang berbeda di sistem," demikian keterangan pada paten tersebut, sebagaimana dilansir Apple Insider, Senin (28/12/2020).

Sebelum pengguna memperoleh akses ke data yang disimpan di perangkat komputasi, pengguna wajib melewati autentikasi melalui login.

Caggihnya, pengguna masih bisa mendapatkan akses ke data yang disimpan di sistem komputasi tanpa mengetahui nama pengguna, password atau kode sandi jika data disimpan dengan cara yang tidak terenkripsi.

Namun, penjahat siber mungkin dapat mengekstrak data langsung dari memori. Jika pelaku serangan memiliki akses fisik ke sistem komputasi, mereka dapat menghapus satu atau lebih perangkat penyimpanan dari sistem dan mengakses perangkat tersebut melalui sistem yang berbeda.

2 dari 3 halaman

iPhone 13 Hadir September 2021

Di sisi lain, informasi mengenai iPhone 2021 sudah beredar di ranah internet. Kali ini muncul informasi mengenai waktu kehadirannya.

Dilansir GSM Arena, Rabu (16/12/2020), analis Ming-Chi Kuo memperkirakan seri iPhone 13 akan diumumkan pada September 2021. Hal ini sesuai dengan jadwal peluncuran iPhone seperti biasa.

Sebelumnya, Apple harus menunda peluncuran seri iPhone 12 karena pandemi Covid-19.

3 dari 3 halaman

Produksi Chip A15 Lambat

Peluncuran iPhone 12 dan 12 Pro di pasar ditunda satu bulan, yang akhirnya pada Oktober 2020. Sementara iPhone 12 mini dan 12 Pro mulai dijual pada November tahun ini.

Kuo menepis kekhawatiran produksi chip A15 yang lambat. TSMC diprediksi akan mengalihkan jalur produksinya untuk A15.

iPhone 2020 disebut memiliki penjualan yang baik di pasar. iPhone 12 dan Pro Max dilaporkan terjual lebih banyak daripada perkiraan.

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba