Sukses

Brasil Paksa Apple Sertakan Kepala Charger di Boks iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Apple memulai penjualan iPhone tanpa kepala (adaptor) charger di dalam boks sejak peluncuran iPhone 12. Penjualan iPhone tanpa kepala charger ini juga berlaku untuk iPhone versi sebelumnya yang masih ada di pasaran, seperti iPhone 11, iPhone SE 2020, dan iPhone XR.

Apple mengklaim, tujuan penjualan iPhone 12 tanpa kepala charger dalam kemasan adalah karena alasan ramah lingkungan.

Sementara berbagai pihak menyebut, selain alasan ramah lingkungan sebenarnya Apple ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak dengan penjualan perangkat tanpa kepala charger.

Namun tampaknya, keputusan Apple untuk menjual iPhone tanpa kepala charger ditentang oleh Brasil.

Mengutip laman Ubergizmo, Minggu (6/12/2020), berdasarkan laporan Folha de S.Paolo, badan perlindungan konsumen publik Brasil mempertanyakan alasan di balik dihilangkannya kepala charger dalam boks iPhone.

Apple juga diminta untuk membuktikan klaim mereka terkait alasan ramah lingkungan.

2 dari 4 halaman

Bakal Terapkan Denda?

Terlepas dari argumen apapun, pada akhirnya, badan perlindungan konsumen Brasil menyatakan bahwa menjual iPhone tanpa kepala charger yang dianggap komponen penting adalah melanggar Kode Pertahanan Konsumen Brasil.

Lembaga itu menyatakan, Apple tidak berhasil memberikan bukti yang cukup untuk mendukung klaim mereka.

Selain itu menurut lembaga ini, Apple juga tidak bisa menjamin akan memberikan tingkat dukungan yang sama kepada konsumen yang mungkin akan membeli/memakai charger dari pihak ketiga.

Apple pun harus menanggapi keputusan tersebut, kalau tidak pemerintah Brasil akan menerapkan sanksi denda.

Kendati masalah ini terbatas di Brasil, nantinya mungkin tidak mengejutkan jika langkah ini dipakai negara lain yang menentang langkah Apple tidak menyertakan kepala charger dari kemasan iPhone.

3 dari 4 halaman

Jual iPhone Tanpa Charger

Sebelumnya, melalui acara peluncuran iPhone 12, Apple juga mengumumkan pihaknya menghilangkan aksesori kepala charger dan earphone dari kemasan iPhone.

Ini menjadi pertama kalinya Apple menjual iPhone tanpa kepala charger dan earphone.

Tidak hanya iPhone 12, penjualan iPhone 11, iPhone SE 2020, dan iPhone XR juga tidak akan dibekali dengan kepala charger.

Informasi ini sempat diumumkan di situs pembelian Apple.com. Kebijakan ini diberlakukan global, di pasar tempat Apple menjual perangkatnya.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini