Sukses

Para Pengguna iPhone 12 Keluhkan Masalah Baterai Boros saat Mode Standby

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis iPhone 12 series dalam empat model, yang kini sudah bisa dibeli di sejumlah negara tertentu. Sayangnya, sebagian pengguna mengeluhkan masalah baterai boros pada seri smartphone terbaru iPhone 12 tersebut.

Sebelumnya, sejumlah pengguna awal iPhone 12 juga mengeluhkan sinyal di perangkat baru mereka. Masalah ini selesai, lalu disusul keluhan baru yakni hilangnya notifikasi pesan di iPhone 12.

Tidak hanya itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan perangkat iPhone 12 mereka mengalami layar hijau.

Mengutip laman Gizchina, Jumat (4/12/2020), sejumlah pengguna iPhone 12 di Apple Community mengeluhkan baterai perangkat mereka cepat habis ketika ponsel dalam mode standby.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah pengguna iPhone 12 Pro pada akhir Oktober 2020, konsumsi daya ketika perangkat dalam mode standby adalah 4 persen per jam.

2 dari 3 halaman

Lebih dari 1.000 Laporan

9to5Mac menyebut, ada lebih dari 1.000 laporan atas masalah baterai boros di iPhone 12 ini. Banyak pengguna yang mengeluhkan baterai turun antara 20-40 persen ketika perangkat dalam mode standby di malam hari.

"Saya perhatikan, ketika tidak ada aktivitas apa pun, baterai iPhone 12 Pro saya berkurang 4 persen lebih cepat dibandingkan iPhone 11 Pro saya sebelumnya. Saya mencoba menonaktifkan data 5G, tetapi tidak ada perubahan signifikan," kata seorang pengguna iPhone 12 Pro, dikutip dari Gizchina.

Perlu diingat, iPhone 12 merupakan seri iPhone pertama yang menggunakan jaringan 5G. Perangkat ini didukung chipset A14 Bionic. Dalam kondisi default, ketika pengguna memakai iPhone 12, perangkat akan langsung memasuki mode 5G.

Kendati demikian, data 5G yang menyala tidak akan mengurangi masa pakai baterai signifikan. Sayangnya, banyak pengguna menyadari, meski WiFi atau 5G tidak aktif, iPhone 12 akan segera kehabisan baterai ketika perangkat dalam mode siaga.

3 dari 3 halaman

Berbagai Keluhan Lainnya

Sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone 12 mengeluhkan hilangnya notifikasi SMS dan pesan. 

"Saya belum lama ini upgrade ke iPhone 12 dari iPhone 11 Max Pro. Saya sedang ngobrol di obrolan grup [group chat] bersama anak-anak, salah satu anak menggunakan Android. Ia mendatangi saya dan bertanya kenapa tidak membalas pesan di grup," kata pengguna tersebut, seperti dikutip dari MacRumors, Sabtu (14/11/2020).

Pengguna itu pun mengecek iPhone 12 miliknya dan menyadari bahwa ia tak menerima pesan apa pun di obrolan grup. Sang anak kemudian memperlihatkan perangkatnya dan benar saja, si anak mengirimkan pesan ke grup.

Kebanyakan pengguna yang mengeluh tidak mendapatkan notifikasi SMS dan pesan di grup chat. Namun, ada juga yang tidak bisa mengirimkan pesan pribadi.

"Saya juga mengalami masalah yang sama. Tampaknya masalah terjadi di obrolan grup, jika di dalamnya ada pengguna Android. Saya dan teman, baru saja bertukar pesan di iMessage dan tidak ada masalah dengan itu," kata pengguna lainnya.

(Tin/Why)

BERANI BERUBAH: Diterpa Pandemi, Bule Jualan Mie