Sukses

Startup Lokal Ini Bantu Milenial Belajar Investasi Saham

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, saham menjadi salah satu instrumen investasi yang diminati milenial. Peningkatan ini seiring dengan banyaknya anak muda yang melakukan work from home (WFH) selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dengan diikuti aktivitas trading harian.

Namun sayangnya, fenomena tersebutdimanfaatkan oleh grup rekomendasi saham yang bertujuan hanya untuk menciptakan volume perdagangan. Hal ini dimanfaatkan segelintir oknum untuk mengeruk keuntungan dari investor saham pemula.

Tanpa berbekal pengalaman dan edukasi pengetahuan yang mumpuni, investor atau pun trader pemula cenderung berspekulasi menggunakan feeling, analisis terbatas atau pun mengandalkan berlangganan rekomendasi hingga jutaan per bulan.

Managing Director Emiten.com, Vania, menuturkan masih banyak trader yang belum memahami bahwa kesempatan akan selalu ada jadi tidak perlu dipaksakan untuk setiap hari trading.

"Kami mencoba menghadirkan fitur agar pemula dapat belajar sekaligus menekan resiko karena ada analis yang bertolak belakang. Misalnya, analis A merekomendasikan beli sedangkan analis B merekomendasikan jual. User di sini diuntungkan dengan melihat kedua perspektif sekaligus belajar dari kedua analis itu," kata Vania melalui keterangannya, Kamis (24/12/2020).

Ia menambahkan, ke depan layanan yang dibangun startup lokal ini akan kedatangan banyak fitur yang dikhususkan bagi trader agar dapat menentukan arah market hanya dari satu halaman, tidak perlu ada chart maupun indikator karena sekuritas di Indonesia maupun aplikasi lain sudah dengan baik menghadirkan fitur tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Hadir di Play Store

Itulah sebabnya Emiten.com hadir sebagai platform yang mempertemukan investor, analis independen maupun sekuritas, dan perusahaan publik yang akan membantu para investor pasar modal.

Sebagai informasi, Emiten.com telah resmi rilis di Google Play Store. Platform ini menghadirkan promo akhir tahun berlangganan Rp 199.000 untuk akses 12 bulan. Berbagai analisis, baik fundamental dan teknikal, rekomendasi saham syariah maupun saham BUMN, dihadirkan dalam aplikasi.

Sementara Founder dari Emiten.com, Denny Huang, menjelaskan bahwa aplikasi besutannya memiliki keunggulan yang tak dimiliki aplikasi trader lain.

"Emiten.com lebih ke insight kenapa harus pilih saham ini dan apa alasan di balik pemilihan saham tersebut. Dapat dilihat sendiri dalam aplikasi kami, interaksi antar investor trader kami minimalisir agar semua pihak tidak bias," tutur Denny.

 

3 dari 3 halaman

Akan Gandeng Venture Capital

Ia mengaku perusahaan sedang menjajaki kerjasama dengan venture capital dan beberapa sekuritas untuk menjadikan Emiten.com sebagai platform yang dapat membantu banyak masyarakat Indonesia lebih terbuka dengan dunia saham.

"Sedangkan Untuk saat ini grup komunitas telegram kami telah menampung sekitar 16 ribu investor maupun trader dan puluhan analis telah bergabung memberikan analisis setiap saat," ucap Denny memungkaskan.

(Isk/Ysl)

BERANI BERUBAH: Diterpa Pandemi, Bule Jualan Mie