Sukses

Instagram Akhirnya Hadirkan Fitur Pencarian Berbasis Keyword

Fitur pencarian baru yang hadir di Instagram ini memang hadir untuk pengguna berbahasa inggris di sejumlah negara.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru untuk mempermudah pencarian para pengguna. Lewat pembaruan ini, pengguna kini dapat melakukan pencarian berbasis keyword.

Dikutip dari The Verge, Rabu (18/11/2020), fitur ini hadir untuk enam negara yang menggunakan bahasa inggris, seperti Inggris, Amerika Serikat, Irlandia, dan Kanada.

Fitur semacam ini harus diakui dapat membantu mempermudah dalam mencari konten di Instagram. Sebab, sebelumnya pengguna hanya dapat melakukan pencarian berdasarkan tagar atau akun.

Oleh sebab itu, dengan pembaruan ini, pengguna Instagram dapat langsung melakukan pencarian dengan keyword tertentu, tanpa perlu didukung tagar spesifik. 

Sebagai contoh, pengguna kini bisa langsung melakukan pencarian dengan kata kunci 'healthy food', 'pasta', 'flower', hingga 'puppies'. Namun Instagram memang tidak mengungkap secara detail cara kerja fitur ini. 

Juru bicara perusahaan hanya mengatakan fitur ini memanfaatkan sejumlah faktor, seperti tipe konten, caption, dan waktu unggahan, sebelum akhirnya menampilkan hasil pencarian.

Sebagai tambahan, aplikasi milik Facebook ini juga menggunakan machine learning untuk mencari konten berkualitas tinggi yang relevan dengan pencarian pengguna.

Kendati demikian, Instagram mengatakan fitur pencarian ini memang masih terbatas pada topik umum dan menggunakan keyword yang sesuai dengan aturan komunitas di platformnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Ubah Tampilan, Kini Tombol Reels dan Shop Muncul di Laman Depan

Sebelumnya, Instagram juga mengumumkan perubahan besar untuk tampilan aplikasinya. Lewat perubahan ini, fitur Reels dan Shop dibuat lebih menonjol dari sebelumnya.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (13/11/2020), dengan perubahan ini, ikon atau tab Reels dan Shop langsung ditampilkan di laman depan, sejajar dengan tombol navigasi yang berada di bagian bawah.

Adapun tombol Post dan Likes kini diubah ke bagian atas layar bagian kanan, tepat berada di sebelah ikon Messenger. Perubahan ini disebut menjadi upaya Instagram untuk lebih mendorong layanan Reels di platformnya.

"Sekarang, kami meluncurkan tab khusus bagi Reels, tempat pengguna dapat berbagi kreativitas dengan dunia dan memiliki kesempatan menemukan penonton," tulis perusahaan menjelaskan kehadiran perubahan ini.

Sebagai informasi, tab untuk Reels maupun Shop sebenarnya sudah ada di aplikasi Instagram, tapi keduanya baru dapat diakses dari tab pencarian. 

Oleh sebab itu, dengan perubahan ini membuat pengguna Instagram dapat langsung mengakses dua layanan tersebut langsung di laman depan aplikasi.

Kendati demikian, perubahan tampilan ini belum dirasakan semua pengguna. Karenanya, perubahan ini kemungkinan besar baru akan digulirkan secara bertahap bagi pengguna.

3 dari 3 halaman

Instagram Reels Resmi Hadir, TikTok Punya Kompetitor Baru

Sebagai informasi,  Instagram Reels resmi hadir pada Agustus 2020. Menurut keterangan resmi perusahaan, Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 15 detik dengan tambahan efek audio dan visual, yang dapat dibagikan di Instagram.

Bisa dibilang, kehadiran Instagram Reels membuat TikTok mempunyai kompetitor baru karena kemiripannya. 

Pengguna dapat membuat Reels di bagian bawah kamera Instagram. Di sana pengguna akan mendapati beberapa menu untuk menambah efek audio, efek AR, timer, kecepatan video, dan lain-lain. Mereka yang merupakan pengguna TikTok pasti familiar dengan menu-menu tersebut.

Untuk efek audio, Instagram menyediakan perpustakaan musik. Namun pengguna juga dapat memakai audio sendiri dengan merekamnya.

Nah, audio di Reels yang pengguna buat sendiri kelak dapat dipakai oleh pengguna lainnya bila ia menyetel akunnya sebagai akun publik.

Namun bila akun disetel privat, audio Reels itu tidak akan tersedia dan tidak dapat dipakai oleh pengguna lain, serta Reels itu tidak akan dapat dibagikan dengan mereka yang tidak ada di daftar followers si pemilik Reels.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini