Sukses

Google Photos Tak Lagi Beri Penyimpanan Unlimited Mulai 1 Juni 2021

Google Photos hanya akan memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB per pengguna untuk mengunggah foto berkualitas original.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 5 tahun lamanya menawarkan penyimpanan backup unlimited dengan kualitas tinggi gratis, Google Photos akan mulai menyetop layanan unlimited ini. 

Google Photos hanya akan memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB per pengguna untuk mengunggah foto berkualitas original.

Sebelumnya, hanya foto berkualitas "original" (tidak dikompres) yang dihitung dalam ruang penyimpanan, sementara foto yang diunggah dalam kualitas "tinggi" yang dikompres dianggap gratis.

Mengutip GSM Arena, Kamis (12/11/2020), perubahan ini bakal resmi diberlakukan pada 1 Juni 2021. Dengan demikian, mulai tanggal tersebut, semua foto akan diperlakukan sama, baik itu kualitas original ataupun tinggi.

Namun para pengguna tidak perlu khawatir dengan foto lama mereka, karena semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan ini hanya berlaku untuk foto dan video yang diunggah setelah tanggal tersebut.

Pengguna pun punya banyak waktu untuk memutuskan apakah akan terus menggunakan layanan Google Photos atau beralih ke layanan cloud lainnya.

Pertimbangan kedua adalah, jika pengguna belum menggunakan penyimpanan gratis 15GB-nya sampai habis, mereka masih bisa mengunggah foto dan video hingga kapasitas tersebut penuh.

Nantinya saat ruang penyimpanan gratisan penuh, pengguna akan memiliki pilihan untuk berlangganan salah satu layanan di Google One, jika masih mau memakai layanan cloud Google.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Pixel Tetap Dapat Unlimited Storage

Namun, bagi para pengguna Pixel, mereka tetap bisa mengunggah foto berkualitas tinggi secara gratis setelah 1 Juni 2021, tanpa perlu memikirkan batasan kapasitas penyimpanan.

Selain itu Google juga akan menerapkan kebijakan baru, di mana, pihaknya akan menghapus data dari akun tidak aktif (yang tak pernah login) setidaknya selama 2 tahun berturut-turut.

Google sendiri menawarkan layanan gratisan yang lebih banyak dibanding perusahaan lain. Google menawarkan 15GB, sementara Apple iCloud hanya 5GB. Menurut Google, ruang penyimpanan 15GB pun tidak akan tidak penuh setidaknya hingga 3 tahun penggunaan.

Lebih lanjut, Google akan memberitahukan ke pengguna jika penyimpanan mereka hampir mencapai batas. Google juga akan menerapkan storage manajement tool di Google Photos, termasuk di dalamnya sebuah tool yang memudahkan pengguna menemukan dan menghapus foto yang tidak diinginkan.

3 dari 3 halaman

Apa Alasan Google?

Mengutip The Verge, perubahan ini kemungkinan karena Google ingin lebih banyak pengguna yang mendaftar ke layanan Google One.

"Hari ini, lebih dari 4 triliun foto yang disimpan di Google Photos dan tiap minggu, 28 miliar foto baru dan video diunggah," tulis Google dalam blog.

"Karena banyak orang bergantung pada Google Photos untuk menyimpan memori, penting bagi kami tidak hanya menawarkan produk yang bagus, tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan pengguna untuk jangka panjang," tulisnya.

"Agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna Google Photos di masa depan, kami mengubah kebijakan penyimpanan file kualitas tinggi unlimited kami," kata Google dalam blognya.

Tentunya, dengan menghapus backup unlimited untuk penyimpanan video dan foto berkualitas tinggi (secara otomatis akan dikompres untuk penyimpanan lebih efisien), Google juga menghilangkan salah satu nilai jual layanan tersebut.

Padahal, Google Photos merupakan layanan backup cloud yang membuat pengguna tak perlu khawatir akan berapa banyak penyimpanan yang dimiliki.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini