Sukses

Google Photos Versi Android Kebagian Deretan Fitur Baru, Apa Saja?

Google mulai meluncurkan beberapa fitur baru untuk Google Photos versi Android. Simak selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Google mulai meluncurkan mode pengeditan baru untuk Google Photos di Android, dengan menambahkan saran otomatis berbasis machine learning.

Selain itu Google juga memungkinkan pengguna untuk membuat foto terlihat lebih baik secara manual dengan bantuan tools yang telah ditingkatkan.

Perubahan yang paling menonjol pada Google Photos adalah tab "Suggestions" baru di menu pengeditan foto, yang menawarkan rekomendasi pengeditan untuk foto tertentu yang sedang kamu lihat.

Fitur tersebut secara otomatis akan menyesuaikan bebera aspek, seperti kecerahan, kontras, dan efek potret. Demikian sebagaimana dikutip dari laman The Verge, Kamis (1/10/2020).

Google juga akan menampikan hasil pengeditan yang dibuatnya, dan memungkinkan kamu untuk menyesuaikannya sesuai selera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Antarmuka Baru

Google menawarkan beberapa opsi dasar untuk Suggestions, seperti 'Enhance' dan 'Color Pop'.

Perusahaan juga berjanji akan terus memperluas jajaran opsi yang dioptimalkan untuk jenis gambar tertentu (seperti potret, lanskap, atau matahari terbenam) dalam beberapa bulan mendatang.

Pembaruan tersebut akan mulai diluncurkan untuk smartphone Pixel. Google juga meluncurkan antarmuka baru untuk general editing tools, seperti kecerahan, kontras, saturasi, warmth, white point, blur, dan masih banyak lagi.

Menarik bukan? Sayangnya, Google belum memberikan informasi kapan fitur baru ini akan mendarat di Google Photos versi iOS.

3 dari 5 halaman

Logo dan Tampilan Google Photos Dirombak

Sebelumnya, Google merombak tampilan maupun logo aplikasi Photos. Pembaruan ini sudah mulai digulirkan bagi pengguna Google Photos di Android dan iOS.

Untuk logo, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (26/6/2020), meski masih dengan tampilan baling-baling warna-warni, Google mengubah sudutnya menjadi lebih membulat, tidak lagi tajam seperti sebelumnya.

Selain itu, tampilan ikon Photos dibuat lebih datar, mirip dengan deretan ikon baru dari aplikasi Google lain. Sementara perubahan dalam aplikasi, pengguna akan menemukan tampilan Google Photos lebih sederhana.

Dengan tampilan baru ini, Google Photos menyisakan tiga tab utama saja di bagian bawah, dari sebelumnya empat. Tab baru tersebut adalah Photos, Search, dan Library.

Selain itu, tampilan thumbnail di tab Photos lebih besar dengan jarak yang lebih kecil antar foto. Ada pula fitur auto-play untuk video yang diunggah di Photos.

Perubahan lain juga terletak pada carousel 'Memories' yang kini ditampilkan lebih besar di bagian atas. Sementara dari tab Search, pengguna kini akan ditampilkan peta interaktif untuk mencari berdasarkan lokasi foto tersebut.

Meski memudahkan dan menjadi salah satu fitur yang diminta oleh pengguna Photos, Google mengatakan pengguna dapat menonaktifkannya. Jadi, pengguna tinggal mematikan fitur Location History dari aplikasi kamera.

Lalu di tab Library, pengguna akan menemukan sejumlah menu, seperti Albums, Trash, Archive, dan Favorites. Untuk sekarang, pembaruan Google Photos ini digulirkan secara bertahap, sehingga belum diterima semua pengguna. 

4 dari 5 halaman

Pengguna Facebook Kini Bisa Transfer Foto ke Google Photos

Terlepas dari perombakan ini, Facebook akhirnya merilis secara global fitur yang memungkinkan pengguna memindahkan foto ke Google Photos. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna di beberapa negara.

Dikutip dari The Verge, Jumat (5/6/2020), fitur ini merupakan tools yang dapat digunakan pengguna untuk mengkopi foto atau video di akun Facebooknya, lalu ditransfer ke akun Google Photos yang sudah ditautkan.

Sebagai informasi, tools ini pertama kali diperkenalkan Facebook pada akhir 2019. Lalu dirilis secara bertahap di sejumlah negara, dan pada paruh pertama 2020 tools ini tersedia global.

"Selama hampir satu dekade, (Facebook) memungkinkan pengguna mengunduh informasi dari layanan media sosial," ungkap Steve Satterfield, Director of Privacy and Public Policy di Facebook saat pertama kali memperkenalkan tools ini.

Untuk diketahui, tools transfer foto ini dibuat berdasarkan kode open-source dari Data Transfer Project. Adapun Data Transfer Project ini juga mencakup beberapa partisipisan, seperti Apple, Google, Microsoft, Twitter dan lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Transfer Foto dari Facebook ke Google Photos

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memindahkan foto atau video dari Facebook ke Google Photos, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Saat masuk ke akun Facebook, buka menu 'Settings'.
  2. Setelah itu, pilih tab 'Your Facebok Information'.
  3. Terakhir, klik 'Transfer a copy of your Photos or Video'

Untuk sekarang, pengguna memang baru dimungkinkan untuk menyalin data ke Google Photos. Namun juru bicara Facebook mengatakan nantinya tools ini juga dapat mendukung layanan dari perusahaan lain yang tergabung dalam Data Transfer Project.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini