Sukses

Google Photos Bagikan Konten Video ke Orang Asing

Google telah mengonfirmasi bahwa video yang disimpan di akun Google Photos mungkin telah dibagikan ke orang asing karena masalah teknis.

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengonfirmasi bahwa video yang disimpan di akun Google Photos mungkin telah dibagikan ke orang asing karena masalah teknis.

Masalah ini berakar dari Takeout, layanan Google yang berfungsi untuk mengunduh semua data yang pernah diunggah ke layanan Google lainnya sekaligus. Layanan ini memungkinkan orang untuk mengunduh data mereka.

Namun pada November lalu terjadi kesalahan proses ekspor ke arsip pengguna yang tidak berkaitan.

"Kami memberi tahu pengguna mengenai kesalahan teknis yang mungkin mempngaruhi pengguna yang menggunakan Google Takeout untuk mengekspor konten Google Photos mereka pada November lalu. Mungkin pengguna telah menerima arsip tidak lengkap, atau video yang bukan milik mereka," kata Google, dikutip dari PC Mag, Kamis (6/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

0,01 persen pengguna Google Photos

Google menyebut akan memperbaiki masalah ini dan telah melakukan "analisis mendalam" untuk "membantu mencegah hal ini terjadi lagi."

Meskipun beberapa video dapat dibagikan secara tidak sengaja ke orang asing, Google belum menentukan secara spesifik video mana yang telah dibagikan.

Google juga mengatakan masalah tersebut mempengaruhi kurang dari 0,01 persen pengguna Google Photos yang menggunakan layanan Takeout.

Namun, karena Google Photos memiliki lebih dari satu miliar pengguna, presentase sangat kecil itu setara dengan sekitar 100.000 orang yang mungkin saja telah membagikan video mereka ke orang tak dikenal.

(Fitriah Nurul Annisa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini