Sukses

Canggih, Earphone Ini Bisa Tiru Ekspresi Wajah Saat Video Call

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari kamu mungkin lebih suka tidak mengaktifkan kamera saat melakukan video call atau konferensi video. Mungkin kamu merasa malu karena rumah lagi berantakan atau hanya ingin sedikit privasi.

Tapi terkadang, melakukan percakapan tatap muka lebih baik karena kamu bisa melihat ekspresi wajah seseorang dan membuat percakapan terasa sedikit lebih hangat.

Berkaitan dengan hal tersebut, para peneliti di Cornell University, New York, Amerika Serikat baru-baru ini menciptakan sepasang earphone yang ketika dikenakan dapat melacak atau meniru ekspresi wajah kamu.

Artinya, secara teori, kamu bisa membuat avatar digital untuk digunakan dalam gim atau video call guna mewakili diri kamu.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (13/10/2020), avatar tersebut kemudian dapat meniru ekspresi wajah yang kamu refleksikan.

2 dari 3 halaman

Mendeteksi Berdasarkan Otot Wajah

Dijuluki C-Face, earphone ini dapat mendeteksi ekspresi berdasarkan otot yang kamu gerakkan di wajah.

Earphone terdiri dari dua kamera RGB yang menangkap pita cahaya merah dan hijau sehingga saat kamu menggerakkan otot wajah, cahayanya akan berubah.

Alat ini akan merekonstruksi ekspresi wajah secara terus-menerus melalui teknologi deep learning kontur wajah yang dipasang di telinga.

3 dari 3 halaman

Menentukan Ekspresi

Selanjutnya akan diinterpretasikan oleh kamera untuk menentukan ekspresi yang kamu ciptakan.

Meskipun teknologi yang bisa menangkap ekspresi bukanlah hal baru--biasanya dilakukan dengan menempelkan sensor pada wajah pengguna--earphone ini adalah solusi yang sedikit lebih nyaman.

(Isk/Ysl)