Sukses

Ini 7 Tips Awet Muda dari Bos Telegram

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri aplikasi Telegram, Pavel Durov, merayakan ulang tahun ke-36 pada 10 Oktober 2020. Meski telah berusia 36 tahun, banyak orang menilai ia terlihat lebih muda.

Durov pun menyadari pujian untuk penampilannya yang tampak awet muda.

"Saya kini sudah berusia 36 tahun, dan beberapa orang bertanya bagaimana saya terlihat lebih mudah daripada usia saya. Saya juga telah bertanya kepada banyak orang mulai dari Jaret Leto hingga fitness trainer yang tampak berusia seperti 25 tahun pada usia 50 tahun," ungkap Durov melalui channel pribadinya di Telegram.

Ia pun membagikan tujuh tips awet muda melalui channel tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Hindari Alkohol

Mungkin ada beberapa pengecualian yang jarang terjadi, tapi secara umum, alkohol dan zat adiktif lainnya membuat orang kurang sehat dan terlihat lebih tua.

2. Perbanyak Tidur

Tidur adalah saat tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Kurang tidur selama sepekan tidak dapat diimbangi dengan terlalu banyak tidur pada akhir pekannya.

3. Jangan Makan Berlebihan

Berat badan yang berlebihan membuat orang terlihat lebih tua, dan berkolerasi dengan banyak penyakit.

"Biasanya saya makan dua kali sehari dalam waktu enam jam, atau sekali sehari tanpa ngemil. Makan lebih dari tiga kali sehari merupakan kebiasaan buruk," kata Durov yang juga menjabat sebagai CEO Telegram.

 

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

4. Latihan

Olahraga sedang tapi teratur membuat orang terlihat lebih sehat, dan hidup lebih lama. Durov mengatakan, ia secara khusus tidak banyak latihan kardio.

Ia lebih menyukai berjalan kaki, bersepeda, dan berenang di udara terbuka, dan memilih latihan beban sedang.

5. Batasi Stres

Ada kebiasaan mental yang membantu. Ini membantu untuk memercayai bahwa semua yang terjadi untuk menjadi lebih baik.

Menurut Durov, teknik Stoik seperti visualisasi negatif dan umumnya sikap ketidakpedulian juga bekerja. Hidup di dekat alam juga membuat semua hal tersebut menjadi lebih mudah.

 

3 dari 3 halaman

Tip 6 dan 7

6. Jangan Makan Daging

"Makan makanan laut dan ikan tangkapan boleh saja, tapi daging merah yang dibudidayakan adalah sesuatu yang dihindari oleh orang-orang yang terlihat lebih muda dari usia mereka," tutur Durov.

Ia menduga sifat tidak sehat dari daging ternak berkaitan dengan cara hewan tersebut dibesarkan dan dibunuh.

7. Hidup Sendiri

"Anehnya, semua pria paruh baya yang tampak muda, dan saya ajak bicara tinggal sendirian selama sebagian besar hidup mereka," jelasnya.

Berdasarkan hal tersebut, Durov mengatakan bahwa itu kemungkinan hasil dari kemandirian mereka terkait pola tidur, makan, dan perilaku.

"Ini hanya korelasi, atau orang-orang yang terlepas dari norma sosial yang tidak sehat juga mandiri di dalam kehidupan pribadinya," sambungnya.

Durov mengatakan, ada penjelasan ilmiah untuk sebagian besar penjelasannya.

"Saya telah mengikuti aturan-aturan tersebut selama lebih dari 10 tahun, dengan lebih banyak tidur menjadi yang paling sulit karena pekerjaan saya," ungkapnya.

Dari keseluruhan tips tersebut, ia menekankan pentingnya menghindari alkohol. Tanpa alkohol, orang disebut akan mengetahui semua yang perlu diketahuinya, dan tidak akan bergantung pada nasihat orang lain.

"Jangan pernah minum alkohol. Setelah Anda berhenti minum alkohol, Anda akan berhenti membungkam intuisi, yang akan memberitahu apa yang baik dan buruk bagi Anda," jelas Durov.

(Din/Isk)