Sukses

Apple Belum Beri Lampu Hijau untuk Fitur Video Call Telegram

Mengingat belum ada izin, fitur video call Telegram untuk iOS belum dapat meluncur.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi diperkenalkan beberapa hari lalu, fitur video call di Telegram masih mendapat ganjalan untuk dapat hadir di iOS. Alasannya, Apple dilaporkan belum memberikan lampu hijau bagi Telegram untuk meluncurkan fitur tersebut.

Oleh sebab itu, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (17/8/2020), fitur video call di Telegram baru bisa dipakai oleh pengguna Android. Kemungkinan besar izin dari Apple akan turun dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Telegram memang sempat mengkritik lambannya proses pengulasan yang dilakukan Apple untuk aplikasi versi terbaru yang digulirkan mereka. Kritik itu sempat muncul di situs resmi perusahaan, tapi kini sudah dihapus.

Dalam pernyataannya, aplikasi olah pesan asal Rusia tersebut menyebut pengajuan izin pembaruan sebenarnya dilakukan sebelum Google, tetapi belum diterima. Karenanya, Telegram meminta para pengguna iOS yang ingin menjajal fitur ini menunggu atau mencobanya di platform lain, seperti Android.

Sebagai informasi, fitur video call memang menjadi salah satu yang lama dinantikan pengguna di Telegram. Sebab, baru kali ini fitur tersebut digulirkan, sedangkan aplikasi lain sudah lama memilikinya.

Untuk sekarang, fitur ini sudah tersedia dalam status aplha untuk semua versi aplikasi Telegram. Seperti halnya panggilan suara, fitur video call ini pun dilengkapi dengan enkripsi end-to-end.

Nantinya saat melakukan panggilan, Telegram akan menampilkan empat emoji di layar untuk pengguna dan orang yang sedang dihubungi. Jika keduanya memiliki empat emoji yang sama, itu artinya panggilan tersebut dienkripsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mode picture-in-picture

Fitur panggilan video ini mendukung mode picture-in-picture, sehingga pengguna bisa mengakses chat dan hal lainnya di dalam aplikasi.

Pengguna bisa memulai panggilan video dari laman profil kontak, kemudian  mengaktifkan atau menonaktifkannya kapan saja saat melakukannya.

Panggilan video akan menerima lebih banyak fitur dan peningkatan di versi mendatang, seiring dengan peluncuran resmi layanan tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

"Namun untuk pencapaian pertengahan tahun ini, Anda dapat menikmati waktu berdua dengan orang-orang terdekat," kata Telegram dalam keterangannya.

Dalam rangka ulang tahun ke-7, Telegram juga menambahkan sejumlah emoji animasi baru.

3 dari 3 halaman

Pengguna Telegram Bisa Kirim File hingga 2GB di Update Terkini

Sebelumnya, Telegram memperkenalkan fitur editor video bawaan, stiker animasi di foto dan video ke dalam aplikasi pembaruan versi 6.20.

Terkini, aplikasi olah pesan buatan Pavel Durov tersebut menambahkan sejumlah kemampuan baru ke dalam Telegram lewat update 6.3.

Salah satunya adalah batas ukuran file yang dapat dibagikan pengguna via Telegram, yang hanya awalnya hanya 1,5GB kini mencapai 2GB, sebagaimana dikutip dari Neowin, Senin (27/7/2020).

Sebagai perbandingan, WhatsApp hanya mengizinkan pengguna untuk berbagi file media dari 16MB hingga 100MB (untuk file berjenis dokumen).

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.