Sukses

Pembayaran Digital Populer di Tokopedia selama Pandemi Covid-19

Selama masa pandemi Covid-19, banyak pengguna Tokopedia memanfaatkan layanan pembayaran digital untuk membayar berbagai tagihan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangannya, Tokopedia kini tidak lagi hanya digunakan untuk membeli berbagai produk. Namun, juga dimanfaatkan sebagai platform pembayaran untuk berbagai layanan.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan banyak pengguna Tokopedia memanfaaatkan fitur pembayaran di layanan tersebut. Hal ini terutama di masa pandemi Covid-19.

Fitur-fitur yang paling banyak digunakan antara lain untuk membayar tagihan listrik, angsuran kredit, TV kabel, dan tagihan kartu kredit. Namun, ia enggan menyebutkan pertumbuhan transaksi selama pandemi dibandingkan periode sebelumnya.

"Untuk pertumbuhan transaksi selama pandemi, kami tidak bisa bilang. Namun, fitur-fitur pembayaran tadi termasuk yang paling populer selama pandemi, dan ini memudahkan masyarakat" tutur Ekhel pada Rabu (23/9/2020).

Menurut Ekhel, antusiasme masyarakat selama pandemi mengalami peningkatan yang signifikan. Misalnya saja, transaksi pembelian makanan yang naik hampir tiga kali lipat selama pandemi.

"Makanan dan minuman itu naiknya hampir tiga kali lipat selama pandemi, naiknya itu signifikan," kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Fintech

Lebih lanjut, Tokopedia saat ini sedang fokus dalam program produk fintech miliknya, Gerakan Rabu Nabung, yaitu upaya mengedukasi dan mendorong masyakarat agar terbiasa berinvestasi emas atau reksa dana lewat Tokopedia. Setiap Rabu, masyarakat bisa memperoleh berbagai nilai tambah ketika berinvestasi, berupa cashback dan gift card.

Menurut VP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari, Gerakan Rabu Nabung sejauh ini berjalan dengan baik. Kemudahan inovasi yang dihadirkan melalui produk fintech diklaim mendorong antusiasme masyarakat dalam berinvestasi.

3 dari 3 halaman

Tokopedia Emas dan ReksaDana

Pada Tokopedia Emas, jumlah pengguna yang terdaftar bertumbuh hampir 20 kali lipat dalam setahun terahir. Transaksi Tokopedia Emas pun tumbuh hingga hampir 30 kali lipat.

Sementara Tokopedia ReksaDana, transaksinya selama dua tahun terakhir tumbuh hampir 27 kali lipat. Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia ReksaDana juga meningkat menjadi lebih dari 57 kali lipat.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tokopedia adalah salah satu perusahaan perdagangan elektronik di Indonesia.

    Tokopedia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Startup adalah perusahaan rintisan yang didukung oleh layanan digital.

    Startup

Video Terkini