Sukses

Tokopedia Bangun Ekonomi Digital Lewat Layanan Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Vira Widiyasari menduduki posisi VP of Fintech and Payment Tokopedia sejak Februari 2020. Pengalamannya selama hampir 20 tahun di indutri perbankan menjadi bekalnya mengembangkan produk fintech Tokopedia.

Dia meyakini digitalisasi layanan keuangan dapat membantu membangun ekonomi digital di Indonesia. Komitmennya terhadap hal itu sejalan dengan misi Tokopedia untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital.

"Apa yang kami lakukan di Tokopedia termasuk untuk membangun ekosistem ekonomi digital, terutama layanan keuangan yang kami yakini bisa membangun perekonomian secara digital," ungkap Vira.

Untuk membuktikan komitmen Tokopedia tersebut, kata Vira, perusahaan saat ini sudah bekerja sama dengan banyak institusi keuangan termasuk perbankan, P2P lending, dan dompet digital.

"Kami memiliki banyak mitra untuk bisa menawarkan layanan tambahan untuk kebutuhan finansial, yang relevan bagi konsumen maupun merchant di Tokopedia. Kami berharap layanan-layanan ini bisa membantu membangun perekonomian Indonesia secara digital," tutur Vira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Fintech

Tokopedia saat ini sedang fokus dalam program produk fintech miliknya, Gerakan Rabu Nabung, yaitu upaya mengedukasi dan mendorong masyakarat agar terbiasa berinvestasi emas atau reksa dana lewat Tokopedia. Setiap Rabu, masyarakat bisa memperoleh berbagai nilai tambah ketika berinvestasi, berupa cashback dan gift card.

Menurut Vira, Gerakan Rabu Nabung sejauh ini berjalan dengan baik. Kemudahan inovasi yang dihadirkan melalui produk fintech diklaim mendorong antusiasme masyarakat dalam berinvestasi.

Pada Tokopedia Emas, jumlah pengguna yang terdaftar bertumbuh hampir 20 kali lipat dalam setahun terahir. Transaksi Tokopedia Emas pun tumbuh hingga hampir 30 kali lipat.

Sementara Tokopedia ReksaDana, transaksinya selama dua tahun terakhir tumbuh hampir 27 kali lipat. Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia ReksaDana juga meningkat menjadi lebih dari 57 kali lipat.

3 dari 3 halaman

Strategi Semester II

Vira mengatakan, Tokopedia akan terus membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dengan berbagai layannya. "Kami terus meningkatkan kepedulian masyakarat soal keuangan dengan mengajak masyarakat untuk berinvestasi sedini mungkin," jelasnya.

Untuk semester II ini, kata Vira, Tokopedia masih akan fokus pada Gerakan Rabu Nabung, dan berharap juga dapat meningkatkan literasi digital di Tanah Air.

"Semakin tinggi literasi digital, tentunya akan berdampak pada solusi-solusi layanan lainnya. Sehingga akan mempermudah ketika ada produk-produk baru lainnya. Pastinya, kami akan terus berinovasi," ungkapnya.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini