Sukses

5 Media Sosial Paling Populer di Dunia, Kamu Pakai yang Mana?

160 juta orang Indonesia mengakses media sosial secara aktif, berikut adalah 5 medsos terpopuler di dunia, yang juga dipakai orang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Platform media sosial kini jadi hal wajib dimiliki oleh pengguna internet. Tak hanya sebagai ajang berbagi kehidupan sehari-hari, medsos juga digunakan untuk berkomunikasi, bahkan menjadi tempat untuk berjualan.

Berdasarkan penelitian We Are Social 2020, rata-rata waktu yang dihabiskan orang Indonesia (usia 16-64 tahun) untuk main medsos mencapai 3 jam 26 menit sehari.

Angka pengguna medsos di Indonesia pun terus meningkat. Sebanyak 59 persen dari total 272,1 juta orang Indonesia adalah pengguna medsos. Angka ini naik 8,1 persen atau 12 juta orang dibandingkan April 2019.

Kini, pengguna medsos di Indonesia mencapai 160 juta orang di mana, 99 persen mengakses media sosial dari smartphone.

Berikut adalah 5 medsos terpopuler di dunia, yang juga dipakai orang Indonesia.

1. TikTok

Tiktok adalah aplikasi video kreasi yang dilengkapi berbagai filter, musik, dan font yang unik. TikTok biasa dipakai untuk membagikan video kreatif mulai dari bernyanyi, tarian, make up, memasak, dan lain-lain.

TikTok kini jadi medsos dengan pertumbuhan pesat menurut jumlah unduhannya, baik di Google Play Store ataupun AppStore.

Berdasarkan riset Sensor Tower 2020, jumlah unduhan TikTok mencapai lebih dari 300 juta pengguna pada kuartal pertama dan kedua 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Facebook

Facebook jadi pelopor medsos, baik untuk berbagi teks, gambar, video, link berita, dan lain-lain. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya fitur yang tersedia bagi pengguna untuk saling terhubung.

Berdasarkan laporan Facebook pada kuartal kedua 2020, pengguna aktif bulanan Facebook mencapai lebih dari 2,7 miliar user. Di Indonesia sendiri, lebih dari 115 juta pengguna memakai Facebook.

3 dari 5 halaman

3. Instagram

Instagram memiliki pengguna aktif lebih dari 1 miliar per bulan. Platform Instagram jadi salah satu medsos visual terbesar.

Instagram jadi tempat untuk menyampaikan pesan lewat foto, video, hingga teks. Dilengkapi dengan berbagai filter dan fitur baru pada Stories, Instagram kian diminati oleh para pengguna.

4 dari 5 halaman

4. Snapchat

Snapchat menjadi aplikasi pesan mobile yang unik, karena pengguna bisa saling berkirim video dan foto lalu akan terhapus dalam beberapa detik.

Pengguna Snapchat juga bisa membuka video atau foto atau menjadi lebih kreatif dengan menambah teks.

Berdasarkan riset We Are Social 2020, pengguna Snapchat dapat mencapai lebih dari 300 juta per bulannya.

5 dari 5 halaman

5. Likee

Platform video pendek Likee menjadi salah satu aplikasi medsos yang paling populer di dunia. Aplikasi asal Singapura ini berada di bawah naungan Bigo Technology.

Likee berdiri pada 2017 dan memberikan kemudahan untuk pengguna dalam membuat video kreatif. Likee sendiri memiliki lebih dari 2.000 efek video.

Likee tersedia di Google Play Store dan App Store, di lebih dari 200 negara dan kawasan, termasuk Indonesia, Rusia, Tiongkok, AS, dan Brasil. Likee kini sudah memiliki lebih dari 150 juta pengguna di seluruh dunia.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.